Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS di Kelas III SD Inpres Lanrae Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru

HULIPA, (2018) Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS di Kelas III SD Inpres Lanrae Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. S2 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Pembentukan karakter peserta didik dalam hal beragama, beretika, bermoral dan sopan santun dalam berinteraksi dengan masyarakat, maka pendidikan harus direncanakan dan dilaksanakan dengan membentuk karakter sesuai nilai-nilai karakter budaya bangsa khususnya dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (i) Pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran IPS di kelas III SD Inpres Lanrae Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru; (ii) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran IPS di kelas III SD Inpres Lanrae Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang sifatnya deskriptif. Subjek penelitian ada tiga yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas III dan Peserta Didik Kelas III SD Inpres Lanrae dengan melakukan Teknik Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Interaktif dari Milles dan Heberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan dan keteladanan yang dituangkan kedalam pembelajaran IPS berdasarkan kurikulum KTSP 2006 yang berpedoman BSNP melalui Program Semester (PROSEM), Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (ii) Faktor pendukungnya yaitu adanya keteladanan dan kesadaran membimbing dari guru; adanya koordinasi yang baik dari seluruh pihak sekolah; adanya kerjasama dari setiap komponen sekolah dalam membentuk karakter peserta didik dengan komitmen yang lebih tinggi. Adapun faktor yang menghambat yaitu kurangnya kesadaran diri dari peserta didik; keterbatasan kemampuan guru dalam bersikap tegas terhadap peserta didik yang melanggar; adanya pengaruh lingkungan sekitar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jun 2018 00:13
Last Modified: 06 Jun 2018 00:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9172

Actions (login required)

View Item View Item