Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Kota Tarakan

Fakhrul Abdul Kadir, Muhammad (2018) Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Kota Tarakan. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran efektivitas pelaksanaan pendidikan multikultural di sekolah dasar kota Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah sekolah dasar. Objek penelitian berupa strategi dan pendekatan pendidikan multikultural, faktor penghambat pelaksanaan pendidikan multikultural, serta efektivitas pelaksanaan pendidikan multikultural di sekolah dasar kota Tarakan. Lokasi penelitian bertempat di sepuluh sekolah dasar negeri pada empat kecamatan yang ada di kota Tarakan, yaitu kecamatan Tarakan Tengah, Tarakan Barat, Tarakan Timur, dan Tarakan Utara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi dan pendekatan yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural melalui integrase nilai-nilai multikultural kedalam kurikulum dengan melalui empat pendekatan, yaitu (1) pendekatan adiktif, (2) pendekatan induktif, (3) pendekatan konstribusi, dan (4) pendekatan aksi sosial, sedangkan strategi yang digunakan adalah strategi cooperative learning. Faktor penghambat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal adalah tidak terstrukturnya pembelajaran multikultural dalam kurikulum yang ada, baik dari segi pelaksanaan maupun bidang studi yang ada di sekolah dasar, kurangnya pemahaman dan pengetahuan guru tentang konsep pendidikan multikultural, kurangnya sarana dan prasarana yang ada dalam mendukung pelaksanaan pendidikan multikultural. Sedangkan faktor eksternal adalah tidak adanya sosialisasi dari pemerintah setempat tentang pendidikan multikultural, lembaga pendidikan seperti universitas ataupun perguruan tinggi banyak yang tidak menyajikan konsep pendidikan multikultural pada mata kuliah, masyarakat atau keluarga yang masih sangat keras menonjolkan suku atau agamanya baik di lingkungan masyarakat ataupun di sekolah. Tingkat efektivitas pendidikan multikultural di sekolah dasar kota Tarakan terbilang tinggi karena murid bisa memahami dan menghargai perbedaan yang ada, pendidikan multikultural juga memberikan pengetahuan baru kepada guru dan murid tentang keberagaman yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jun 2018 00:08
Last Modified: 06 Jun 2018 00:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9171

Actions (login required)

View Item View Item