PengembanganDesain PesanPembelajaranBergambarBerbasisKomputerPada Mata PelajaranMatematikaKelas IV SDN No. 219 AraKecamatanBontobahariKabupatenBulukumba

ISMAIL, ASRIYANI (2016) PengembanganDesain PesanPembelajaranBergambarBerbasisKomputerPada Mata PelajaranMatematikaKelas IV SDN No. 219 AraKecamatanBontobahariKabupatenBulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitianinibertujuan 1) UntukMengetahuigambarankebutuhanpengembangandesain pesan pembelajaran bergambarberbasis computer padamatapelajaranMatematikaKelas IVSDNNo.219 AraKecamatanBontobahari Kabupaten Bulukumba.2)Untukmengetahuidesainpesanpembelajaran bergambar berbasis komputer padamatapelajaranmatematikakelas IV SDN No. 219 AraKecamatanBontobahariKabupatenbulukumba. 3) Untukmengetahuigambarantingkatkevalidandankepraktisandesain pesanpembelajaranbergambar berbasis komputer padamatapelajaranmatematikakelas IV SDN No. 219 ArakecamatanBontobahariKabupatenBulukumba. Model Pengembangan yang digunakandalampenelitianinimengacupada model pengembangan Dick & Carey yang dilakukandenganbeberapatahapyakni (1) AnalisisKebutuhan (2) PerancanganPengembangan (3) PengembanganProduk (4) EvaluasidanRevisiProduk (5) ProdukAkhir.Pesanpembelajaranbergambarberbasiskomputer yang telahdikembangkan, telahdivalidasiolehdua orang ahlidenganmengalamirevisisehinggadidapatkanhasil yang layakdigunakan. Untuksubjekujicobasatu-satudanujicobakelompokkecil, adapunsubjekujicobasatu-satuditetapkan 5 orang siswa, dan 15 orang siswasebagaiujicobakelompokkecil.HasilPenelitianMenunjukkanbahwadesain pesanpembelajaranbergambarberbasiskomputer yang akandikembangkansetelahdilakukanvalidasimakapesanpembelajarandinyatakan Valid. Desain pesanpembelajaranbergambarberbasis komputer dikatakanpraktiskarenaseluruhaspekdalampembelajaranberadapadakategoriterlaksanaseluruhnya. Pesanpembelajaranbergambarberbasis komputer dikatakanefektifkarenatelahmemenuhi criteria keefektifan, denganhasil (1) memenuhisyaratkevalidan (2) AktifitasSiswaterlaksanaseluruhnya (3) Aktifitas Guru terlaksanaseluruhnyadan (4) Siswamemberikanrespon yang positifterhadappesanpembelajaranbergambarberbasiskomputer yang akandikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jun 2018 03:16
Last Modified: 04 Jun 2018 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9140

Actions (login required)

View Item View Item