Pengembangan Media Pembelajaran Weblog untuk Memperkenalkan Seni Rupa Terapan Nusantara Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkajene

AHMAD, ANSHARI (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Weblog untuk Memperkenalkan Seni Rupa Terapan Nusantara Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkajene. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AHMAD ANSHARI..doc

Download (31kB)

ABSTRAK AHMAD ANSHARI. Pengembangan Media Pembelajaran Weblog untuk Memperkenalkan Seni Rupa Terapan Nusantara Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkajene (dibimbing oleh Nurhikmah dan Sukarman). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien dengan menerapkan program aplikasi weblog untuk dijadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Paket ini terdiri dari beberapa komponen; (1) petunjuk penggunaan, (2) paket pembelajaran weblog, (3) Aplikasi weblog dalam bentuk blogspot, dan (4) pretest dan postest. Responden yang terlibat dalam penelitian pengembangan ini adalah 51 orang, yang terdiri dari 1 guru, 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 orang siswa pada uji coba satu-satu, 10 orang siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 33 siswa pada uji coba kelas. Prosedur pengembangan media pembelajaran weblog ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Dick & Carey, Borg & Gall, dan Kemp & Dayton. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, observasi, lembar penilaian untuk guru, ahli media dan ahli materi, kuesioner kepada uji coba satu-satu, kelompok kecil, pretest dan postest, dan uji coba kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data dari guru, data validasi dari ahli materi dan ahli media, data tanggapan siswa terhadap kualitas petunjuk siswa, aspek tampilan, aspek pemrograman, aspek pembelajaran dan aspek isi, serta data perbandingan nilai pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pengembangan media pembelajaran weblog untuk memperkenalkan seni rupa terapan nusantara yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi ”sangat baik” dari aspek pembelajaran, aspek isi, aspek tampilan, aspek pemrograman, aspek panduan guru dan aspek panduan siswa. Media pembelajaran weblog ini valid, efektif, efisien, dan praktis karena dianggap sangat mudah dipergunakan kapan saja dan dimana saja serta mampu meningkatkan prestasi siswa dengan peningkatan nilai antara nilai pretest dengan postest. Media pembelajaran weblog dari segi kepraktisan dianggap praktis berdasarkan hasil evaluasi dan uji coba responden yang menyatakan kemudahan dalam menggunakan media pembelajaran weblog dilihat dari nilai rerata dalam hal kualitas petunjuk paket media pembelajaran, isi, tampilan, pemrograman, dan panduan siswa dianggap ”sangat baik”. Paket media pembelajaran ini valid berdasarkan hasil validasi dan penilaian dari kedua ahli bahwa paket pengembangan media pembelajaran weblog tersebut dapat diaplikasikan secara optimal guna memperkenalkan seni rupa terapan nusantara sehingga layak digunakan oleh siswa dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni rupa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:33
Last Modified: 30 Nov 2016 11:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item