Pengaruh Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Ilmiah terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta didik SMAN 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru.

YULIANA, YULIANA (2016) Pengaruh Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Ilmiah terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta didik SMAN 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (248kB) | Preview

Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui: keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah dan yang diajar menggunakan LKPD konvensional, serta perbedaan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika antara yang diajar menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah dan LKPD konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN I Soppeng Riaja pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 sebanyak empat kelas. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan rata-rata skor keterampilan proses sains yang diajar menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah sebesar 35,78 berada pada kategori tinggi dan skor pemahaman konsep sebesar 40,19 berada pada kategori tinggi. Sedangkan rata-rata skor keterampilan proses sains yang diajar menggunakan LKPD konvensional sebesar 26,52 berada pada kategori sedang dan skor pemahaman konsep sebesar 32,44 berada pada kategori sedang.Selain itu, didukung pula dengan analisis inferensial pengujian hipotesis dengan uji-t dua pihak pada taraf nyata α = 0,05, yang menunjukan, keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika peserta didik berbeda signifikan antara yang diajar menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah dan yang diajar menggunakan LKPD konvensional. Kata kunci: LKPD, pendekatan Ilmiah, keterampilan proses sains, pemahaman konsep Fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 May 2018 07:17
Last Modified: 31 May 2018 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9127

Actions (login required)

View Item View Item