Efektivitas pelatihan adversity quotient untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK X di Kota Makassar

Panandrang Hasan, Nabilah (2016) Efektivitas pelatihan adversity quotient untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK X di Kota Makassar. Diploma thesis, F PSIKOLOGI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi berprestasi adalah dorongan yang dapat menggerakkan individu untuk bertingkah-laku mencapai suatu prestasi atau suatu kesuksesan sebagai tujuan yang diharapkan. Salah satu metode yang digunakan dalam meningkatkan motivasi berprestasi adalah pelatihan adversity quotient. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan adversity quotient dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK X di Kota Makassar. Materi pelatihan yang diberikan adalah konsep diri, apa itu adversity quotient, konsep ABCDE dan CORE, problem solving dan analisis swot, tipe adversity quotient, serta aku bisa. Responden penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan eksperimen menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi yang didasarkan pada teori McClelland dengan reliabilitas 0,820. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Wilcoxon Match Pairs Test yang kemudian diolah dengan SPSS version 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan adversity quotient efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK X di Kota Makassar, dengan signifikansi sebesar 0.005. Dengan demikian penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI > B Philosophy (General)
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 May 2018 07:11
Last Modified: 31 May 2018 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9126

Actions (login required)

View Item View Item