Coping pada survivors bullying

Endang Aprianti, Riswa (2017) Coping pada survivors bullying. Diploma thesis, F PSIKOLOGI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan sarana bagi individu untuk meraih cita-cita. Mengenyam pendidikan di tempat yang baik dan bersahabat merupakan keinginan semua individu. Namun faktanya sekolah atau kampus terkadang menjadi tempat dimana bullying terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan bentuk bullying serta bagaimana proses coping yang dilakukan oleh survivors bullying sehingga mampu bertahan dari bullying. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Subjek penelitian sebanyak tiga orang yang merupakan taruna di X Makassar. Hasil penelitian menunjukan faktor penyebab bullying yakni senioritas, iri hati, asal daerah yang sama, dan pelampiasan dari senior ketika mendapat masalah. Bentuk bullying yang terjadi yakni secara fisik & non fisik.Tahapan proses coping yang dilakukan oleh subjek yakni awalnya subjek merasa tidak terima dan tidak nyaman, kemudian subjek berusaha untuk membiasakan diri dan menerima. Subjek mulai marah, namun karena budaya senioritas tidak memberikan peluang untuk melakukan perlawanan subjek hanya menyimpan perasaan tersebut, dan berakhir dendam. Subjek menceritakan masalahnya pada orang terdekat, pergi ke tempat hiburan, menghindari pelaku dan rutin beribadah. Fase terakhir, subjek merasa lelah diperlakukan sewenang-wenang oleh senior, subjek meningkatkan religiusitas, mencari dukungan sosial emosional dan mengingat perjuangan diri serta orangtua. Pada akhirnya subjek mulai menerima situasi yang mengakibatkan dirinya di bully dan memaafkan pelaku sehingga mampu bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI > BF Psychology
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 May 2018 06:59
Last Modified: 31 May 2018 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9123

Actions (login required)

View Item View Item