Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemandirian Remaja di Lembaga Kesehjahteraan Sosial Anak (LKSA) Mega Mulia Kabupaten Gowa

Isya Tahnia S, Nur (2016) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemandirian Remaja di Lembaga Kesehjahteraan Sosial Anak (LKSA) Mega Mulia Kabupaten Gowa. Diploma thesis, F PSIKOLOGI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tugas perkembangan pada remaja yaitu mencapai tingkat kemandiiran yang baik, kemandirian dapat didukung apabila individu memiliki kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemandirian remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, subjek penelitian berjumlah 28 orang yang berusia 13-18 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional (α = 0,740) yang mengacu pada teori Goleman dan skala kemandirian (α = 0,836) yang mengacu pada teori Suharnan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Spearman Rho. Data yang diperoleh menunjukkan nilai signifikan (r = 0,500, p = 0,007), sehingga terdapat hubungan positif kecerdasan emosional dengan kemandirian remaja di LKSA Mega Mulia Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggambarkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi kemandirian pada remaja di LKSA Mega Mulia Kabupaten Gowa. Penelitian ini memberikan sumbangsih baru mengenai pentingnya sebuah informasi bagi pihak LKSA untuk lebih memperhatikan dan memberikan dukungan terhad ap remaja di LKSA untuk lebih mengoptimalkan kecerdasan emosional untuk memunculkan perilaku mandiri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI > B Philosophy (General)
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 May 2018 06:10
Last Modified: 31 May 2018 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item View Item