Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Inkuiri (Studi pada Pembelajaran Geografi SK/KD Hidrosfer di SMPN 4 Tanete Rilau) Tahun 2013

MUSTADIRRAM, MUSTADIRRAM (2014) Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Inkuiri (Studi pada Pembelajaran Geografi SK/KD Hidrosfer di SMPN 4 Tanete Rilau) Tahun 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Mustadirram.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK MUSTADIRRAM. Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Inkuiri (Studi pada Pembelajaran Geografi SK/KD Hidrosfer di SMPN 4 Tanete Rilau) Tahun 2013. (Dibimbing oleh Andi Makkulau dan Maddatuang). Perangkat pembelajaran yang efisien berorientasi pada metode pembelajaran inkuiri untuk materi hidrosfer di SMP kelas VII belum ada yang bersifat baku. Oleh karena itu, untuk melaksanakan pembelajaran hidrosfer penulis memandang perlu untuk validasi agar memenuhi syarat-syarat tertentu sehingga dianggap telah bersifat baku meliputi materi ajar hidrosfer, lembar kerja siswa (LKS) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengembangkan materi ajar, lembar kerja siswa (LKS), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada materi hidrosfer di kelas VII SMP Negeri 4 Tanete Rilau Kabupaten Barru sehingga diperoleh hasil yang sesuai untuk metode inkuiri? (2) Sejauh mana efektifitas penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaraan materi hidrosfer di kelas VII SMP Negeri 4 Tanete Rilau Kabupaten Barru? Tujuan penelitian ini adalah (1) Memperoleh perangkat pembelajaran yang meliputi materi ajar, lembar kerja siswa (LKS), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada materi hidrosfer sesuai dengan metode inkuiri di kelas VII SMP Negeri 4 Tanete Rilau Kabupaten Barru; (2) Mengetahui tingkat efektifitas metode inkuiri dalam kegiatan pembelajaran materi hidrologi di SMP Negeri 4 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, and disseminate) Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Perangkat pembelajaran untuk materi hidrosfer metode inkuari prototipe-1 diperoleh melalui tahap pendefenisian dan perancangan dengan penekanan pada karakteristik metode pembelajaran inkuari. Perangkat pembelajaran prototipe-1 melalui tahap pengembangan divalidasi oleh ahli dan praktisi pendidikan untuk menghasilkan protipe-2 yang valid, Selanjutnya perangkat prototipe-2 diujicobakan untuk menghasilkan perangkat yang praktis dan efektif. Hasil yang diperoleh melalui ujicoba pembelajaran sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran untuk materi hidrosfer sudah praktis, meskipun ada beberapa saran pengamat yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepraktisan perangkat pembelajaran. (2) Perangkat pembelajaran metode inkuari sudah efektif karena telah memenuhi 3 indikator dari 4 indikator keefektifan yaitu: 1) Keterlaksanan perangkat pembelajaran, 2) Respon siswa dan 3) Ketercapaian hasil belajar telah terpenuhi, sedangkan 4) kriteria untuk aktivitas siswa belum terpenuhi, tetapi secara umum perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah efektif karena sudah memenuhi 3 indikator keefektifan termasuk indikator tes penguasaan hasil belajar atau dengan kata lain menunjukkan suatu kualitas pembelajaran yang baik. ABSTRACT MUSTADIRRAM. Development of learning using Inquary methods (Studies on Learning Geography Sub Subject Hydrosphere at Junior High School 4 Tanete Rilau Barru Regency in the Year 2013 (Supervised by Andi Makkulau and Maddatuang) Efficient learning tools oriented by inquiry learning methods for hydrosphere material at junior class VII there is not a standard yet. Therefore, to implement hydrosphere learning, the writer sees that it is need for validation in order to quality certain requirement so it has to be considered raw that includes learning hydrosphere materials, student worksheet (LKS) and lesson plan (RPP). Therefore, formulation of the problem in this study is (1) How to develop teaching materials, student worksheet (LKS), and lesson plan (RPP) for hydrosphere material at grade VII SMPN 4 Tanete Rilau Barru Regency in accordance with inquiry methods ? (2) How effective method of inquiry in learning hydrosphere material at grade VII SMPN 4 Tanete Rilau Barru Regency? Purpose of this study is (1) Acquire learning tools that includes teaching materials, student worksheet (LKS), and lesson plan (RPP) at Hydrosphere material in accordance with inquiry materials at grade VII SMPN 4 Tanete Rilau Barru Regency; (2) Determine the level of effectiveness of method of inquiry learning activities hydrosphere materials at SMPN 4 Tanete Rilau Barru Regency This study using 4-D models (define, design, develop, disseminate) The results of study shows that software development learning tools for hydrosphere materials in inquary methods prototype-1 obtained through the definition and design phase with emphasis on the characteristics learning inquary methods. Learning tools prototype-1 through the development phase validated by experts and practitioners of education to produce a valid prototype-2, the next is prototype device tested to produce a practical and effective device. The results obtained through the following learning trials: (1) Learning device for material hydrosphere is practical although there are some suggestion observers to note to improve the practicality of learning tools. (2) Learning tools by inquary methods is effective because it meets the 3 of the 4 indicators of effectiveness: (1) implementation of learning tools, (2) student response, and (3) Achievement of learning outcomes have been fullfiled, while 4) criterion for the activity of student not yet been fullfiled, but in general study peripheral developed effective because have fulfilled 3 effectiveness indicator is inclusive of indicator tes domination result of learning or equally shows good study quality.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:29
Last Modified: 14 Jul 2016 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item