Pengaruh Sibling Rivalry terhadap Kemampuan Penyesuaian Sosial Anak Usia Sekolah Dasar

Hidayat, Ulwiyatul (2016) Pengaruh Sibling Rivalry terhadap Kemampuan Penyesuaian Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Diploma thesis, F PSIKOLOGI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak yang berada dalam lingkup keluarga yang penuh dengan pertengkaran dan perselisihan cenderung akan membuat anak menjadi tertutup dan tidak mampu menyesuaian diri dalam lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sibling rivalry terhadap kemampuan penyesuaian sosial anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, subjek penelitian berjumlah 45 orang yang berusia 9-12 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah skala likert dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Anova yang diolah melalui spss version 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai deskriptif sibling rivalry pada siswa kelas V dan VI SDN Kompleks IKIP Makassar berada pada tingkat rendah, yaitu 17,11% atau 32 responden dan tingkat penyesuaian sosial sosial berada pada tingkat tinggi sebesar 80% atau 36 responden. Nilai R square sebesar 0,446 yang berarti pengaruh sibling rivalry terhadap kemampuan penyesuaian sosial anak sebesar 44,6%. Nilai Sig. sebesar 0,014 maka 0,014 < 0,05, sehingga terdapat pengaruh sibling rivalry terhadap kemampuan penyesuaian sosial anak usia sekolah dasar. Penelitian ini memberikan informasi baru mengenai pentingnya sebuah pola pengasuhan kepada anak, dengan pemberian pola pengasuhan yang benar dan tepat akan mengurangi kemungkinan anak akan bertengkar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI > B Philosophy (General)
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 May 2018 05:34
Last Modified: 31 May 2018 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9108

Actions (login required)

View Item View Item