Faktor-faktor PenyebabRendahnyaHasilBelajarSiswaKelas XI IPS Pada Mata PelajaranSosiologi di SMAN 15 Makassar

Sirajuddin, RiahReski (2016) Faktor-faktor PenyebabRendahnyaHasilBelajarSiswaKelas XI IPS Pada Mata PelajaranSosiologi di SMAN 15 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitianbertujuanuntukmengetahui1) Faktor-faktorpenyebabrendahnyahasilbelajarsiswaKelas XI IPS padamatapelajaransosiologi di SMAN 15 Makassar dan2) untukmengetahuiUpaya-upaya yang dilakukandalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI IPS padamatapelajaransosiologi. JumlahInformansebanyak 36orang.AdapunpemilihaninformanpadapenelitianinimenggunakantehnikPurposive Samplingdengankriteria yang digunakanadalahsiswa yang memilikihasilbelajarrendah.Teknikpengumpulan data yang digunakanyaituwawancara, observasidandokumentasi.Teknikanalisis data melalui 3 tahapyaitureduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.Teknikpengabsahan data yaitumember check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 15 Makassar yaitudipegaruhibeberapafaktorialaha) Faktor Eksternal (dariluarsiswa) meliputi; pergaulan siswa, pembawaan sikap guru yang membeda-bedakan siswa, penggunaan metode belajar yang kurang variatif, danmateri pelajaran yang susah dipahamidanb) faktor Internal (daridirisiswa) meliputi; Minat Belajar yangkurang yang disebabkandenganbeberapahal, yaitu; menganggap pelajaran itu membosankan, penugasan dalam bentuk hafalan, Sulitmemahamipenjelasan yang kurang detail, metode pelajaran yang kurang variatif, dan kurangnya pemberian contoh dalam materi pelajaran yang mudah siswa pahami. Serta kemampuan belajar siswa yang menurun yang disebabkandenganbeberapahal, yaitu; terpengaruh dengan teman yang malas, terganggu dengan suasana yang bising didalam kelas akibat ulah teman yang melakukankeributan, lebih memperdulikan kegiatan diluar sekolah, kurang tertarik dengan metode ceramah, penugasan dengan bentuk hafalan tanpa penjelasan yang kurang detaildan terkadang memberikan tugas dengan Lks, sehinggakeaktifan kurang interaktif antara guru dan siswa dalam PBM. 2) Upaya yang telahdilakukan guru dalammeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahmemvariasikanmetodepembelajarandalampelajaransosiologisertamenggunakan media pembelajaransebagaialat bantu dalamkegiatan proses belajarmengajardanmembangunkeaktifansiswadenganmemberikankuiskepadasiswadengan model pembelajarankooperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 May 2018 03:04
Last Modified: 31 May 2018 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9077

Actions (login required)

View Item View Item