Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duampanua

Nurhayati, Nurhayati (2016) Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duampanua. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
14. BAB I.doc

Download (77kB)
[img] Text
18. BAB V.doc

Download (308kB)

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action Class Research) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melakukan Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duampanua. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 41 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan jumlah pertemuan setiap siklus adalah tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah Tes, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII denganpemberian kuis pada awal pertemuan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan selama satu siklus, yaitu siklus I menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 36 orang (87,80 persen). Dari hasil yang diperoleh pada tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan dan mencapai ketuntasan secara klasikal sesuai dengan indikator keberhasilan. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 May 2018 08:04
Last Modified: 30 May 2018 08:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item