Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone

WIWIRIANTI, (2016) Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. S1 thesis, FIP.

Full text not available from this repository.

Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Sehingga, penelitian ini mengkaji tentang penerapan model Pembelajaran Examples Non Examples dengan rumusan masalah, bagaimanakah penerapan model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan hail belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan hasl belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce,e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Examples Non Examples dan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone pada tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru kelas V dan siswa kelas V sebanyak 22 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Examples Non Examples meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Selain itu, dapat dilihat pula peningkatan keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Examples Non Examples secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres 6/75 Waekecce’e Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 May 2018 07:04
Last Modified: 30 May 2018 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9059

Actions (login required)

View Item View Item