KONFLIK DIALEKTIKA MAHASISWA SENIOR DAN JUNIOR DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Monika, Monika (2018) KONFLIK DIALEKTIKA MAHASISWA SENIOR DAN JUNIOR DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
3 ARTIKEL.docx

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konflik dialektika yang terjadi antara mahasiswa senior dan junior di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. (2) perilaku senior kepada junior di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. (3) dampak adanya senioritas di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 19 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa junior Fakultas Teknik yang terdaftar di tahun ajaran 2017-2018 dan mahasiswa senior yang telah melewati 2 semester di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konflik dialektika yang terjadi antara mahasiswa senior dan junior di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar menimbulkan dua hal, pertama konflik peran meliputi junior diberi tanggungjawab untuk mengerjakan tugas senior dan menjualkan penggalangan dana senior. Kedua, kerjasama meliputi kerjasama dalam pembelajaran di kelas dan kerjasama dalam organisasi kampus (2) perilaku senior kepada junior yaitu, pertama perilaku mendidik berupa mendidik junior agar menghargai yang lebih tua dan mendisiplinkan junior dalam dunia barunya yaitu kampus. Kedua perilaku kekerasan, berupa pemberian tamparan kepada junior. Ketiga perilaku bullying, berupa pemalakan, penggangguan, pemaksaan, peneriakan, pengataan kata jorok, penggodaan dan pelecehan serta pelemparan botol bekas. (3) dampak dari keberadaan senior dalam menjalankan senioritas, pertama dampak positif, meliputi terbantunya junior dalam proses pembelajaran dalam kelas, terwujudnya wadah sharing junior, serta timbulnya rasa aman atas perlindungan senior kepada junior dari gangguan dan pemalakan oleh senior jurusan lain. Kedua, dampak negatif meliput timbulnya rasa takut dan tertekan junior akibat dari perilaku senior dalam menjalankan senioritas di kampus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 May 2018 03:41
Last Modified: 30 May 2018 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9024

Actions (login required)

View Item View Item