PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG ; THE INFLUNCE OF STUDENTS’ EMOTIONAL INTELLIGENCE AND PARENTS’ PARTICIPATION ON STUDENTS’ LEARNING RESULTS IN SOCIAL SCIENCES SUBJECT IN GRADE VIII AT SMPN MARIORIWAWO IN SOPPENG DISTRICT

MEGAWATI, MEGAWATI (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG ; THE INFLUNCE OF STUDENTS’ EMOTIONAL INTELLIGENCE AND PARENTS’ PARTICIPATION ON STUDENTS’ LEARNING RESULTS IN SOCIAL SCIENCES SUBJECT IN GRADE VIII AT SMPN MARIORIWAWO IN SOPPENG DISTRICT. S1 thesis, pASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL MEGAWATI.docx

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini ada tiga rumusan masalah adalah (i) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng ? (ii) Apakah ada pengaruh partisipasi orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng? (iii) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional siswa dan partisipasi orang tua secara simultan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Teknik Analisi Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng adalah memiliki pengaruh signifikan. Kedua, Pengaruh partisipasi orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng adalah memiliki pengaruh signifikan. Ketiga, hasil uji simultan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa dan partisipasi orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Kata kunci : kecerdasan emosional siswa, partisipasi orang tua, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 May 2018 03:35
Last Modified: 30 May 2018 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9021

Actions (login required)

View Item View Item