Pengaruh Pemanfaatan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 1 Mandalle Kab. Pangkep

Dewi, Sriyani Astuti (2016) Pengaruh Pemanfaatan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 1 Mandalle Kab. Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SRIYANI.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai penggunaan media visual dan gambaran mengenai tingkat motivasi belajar siswa serta pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SMK N 1 Mandalle Kab. Pangkep. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi 118 siswa untuk kelas X keseluruhan, karena populasinya cukup besar, maka ditentukan sampel dengan menggunakan tektik stratifikasi (random sampling) dan proportionate random sampling sebesar 35 siswa dari 30%. Pengumpulan data penelitian ini berbagai cara yaitu kuesioner atau angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: (1) penggunaan media visual di SMK N 1 Mandalle Kab. Pangkep, tergolong dalam kategori cukup baik, ditinjau atau dilihat dari aspek penggunaan gambar/foto, diagram, bagan/chart dan grafik. (2) Sedangkan motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori cukup tinggi, ditinjau atau dilihat dari aspek, adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar. (3) Selanjutnya, terdapat pengaruh yang signifikan media visual terhadap motivasi belajar siswa di SMK N 1 Mandalle Kab. Pangkep pengaruhnya rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 May 2018 04:12
Last Modified: 28 May 2018 04:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item