Degradasi Nilai Gotong Royong Pada Lingkungan Sekolah (Studi Pada SMA Negeri 1 Bajeng)

ALI, SUPARMAN (2016) Degradasi Nilai Gotong Royong Pada Lingkungan Sekolah (Studi Pada SMA Negeri 1 Bajeng). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
DEGRADASI.pdf

Download (28kB) | Preview

Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi degradasi nilai gotong royong pada lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Bajeng, 2) Upaya yang diambil sekolah dalam menanggulangi degradasi nilai gotong royong pada lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Bajeng. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu Trianggulasi metode atau teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor yang mempengaruhi degradasi nilai gotong royong yaitu (a) rasa malas akibat kurangnya sosialisasi dan pembiasaan sejak dini dari keluarga dan lingkungan tempat tinggal, (b) perubahan sosial yang terjadi seperti kemajuan zaman dan teknologi, (c) faktor pertemanan, (d) strata sosial (kondisi ekonomi seseorang). 2) Upaya yang diambil sekolah dalam menanggulangi degradasi nilai gotong royong pada lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Bajeng yaitu: (a) kegiatan Jum’at bersih, (b) kegiatan zero sampah, (c) piket kelas, (d) Event Perlombaan (kelas bersih dan terindah), (e) guru atau pendidik dengan menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok, (f) pemasangan rambu-rambu sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 May 2018 03:18
Last Modified: 28 May 2018 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item