PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPSKELAS V SDN 213 LAGOCI KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG

HAMRIANI, HAMRIANI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPSKELAS V SDN 213 LAGOCI KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui penggunaan mediapower point dalam pembelajaran IPS, (ii) mengetahui motivasi peserta didik dalam pembelajaran IPS sebelum dan setelah penggunaan media power point, (iii) mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap motivasi belajar IPS pada peserta didik kelas V SDN 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian merupakan Pre-eksperimen design, dengan rancangan pre-test post-test one group design. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan media power point terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, lembar aktivitas siswa (pretest dan posttest). Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Analisis statistik inferensial (uji-t digunakan untuk melihat pengaruh penggunaan media power point terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i) penggunaan media power point dalam pembelajaran IPS terjadi peningkatan yang signifikan dilihat dari lembar observasi, pada pertemuan pertama berada kategori cukup sedangkan pada pertemuan keempat berada kategori sangat baik. (ii) Berdasarkan nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik, sebelum penggunaan media power point dengan nilai rata-rata 73,68, sedangkan setelah penggunaan media power point adalah 93,09 hasil ini menunjukkan perbedaan yang bermakna. (iii) Motivasi belajar peserta didik dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil uji hopitesis diketahui adanya perbedaan tingkat motivasi sebelum dan setelah penggunaan media power point yang signifikan Kata kunci : Penggunaan Media Powerpoint, Motivasi Belajar Peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 May 2018 07:09
Last Modified: 25 May 2018 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item