Penerapan Strategi Pemetaan Semantik dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros Kabupaten Maros

Suhelmina, Suhelmina (2013) Penerapan Strategi Pemetaan Semantik dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros Kabupaten Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SUHELMINA.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Suhelmina, 2012. Penerapan Strategi Pemetaan Semantik dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros Kabupaten Maros. Dibimbing oleh Sjahruddin Kaseng dan Kulla Lagousi. Penelitian ini bertujuan peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pemetaan semantik siswa kelas X SMA Negeri 1 Maros yang meliputi isi gagasan, organisasi isi, kaidah tata bahasa, diksi, dan ejaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Maros yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui tahap-tahap identifikasi data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pratindakan dalam keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Maros yang meliputi aspek isi gagasan, organisasi isi, tata bahasa, diksi, dan ejaan masih tergolong kurang, terbukti tidak ada siswa (0%) mendapat nilai 70 ke atas yang merupakan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Setelah dilakukan tindakan melalui siklus I dan II dengan penerapan strategi pemetaan semantik dalam pembelajaran menulis deskripsi, maka keterampilan siswa mengalami peningkatan dari kategori sedang menjadi baik sekali. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pemetaan semantik dalam keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Maros yang meliputi aspek isi gagasan, organisasi isi, tata bahasa, diksi, dan ejaan mengalami peningkatan yang signifikan. ABSTRACT SUHELMINA. 2012. The Implementation of Semantic Mapping Strategy in Improving Descriptive Writing Skill of Grade X Students at SMAN I Maros in Maros District ( supervised by sjahruddin Kaseng and Kulla Lagousi). The study aims at improving descriptive writing skill through semantic mapping of grade X students at SMAN I Maros including the ideas, content organization, structure, diction, and spelling. This study is a classroom action research which conducted in two cycles. Each cycle was conducted in four sessions. The subject of the study was 30 grade X1 students at SMAN 1 Maros. Techniques conducted in collecting the data were observation, interview, and test. The entire data obtained were analyzed through steges of data identification, data reduction, data presentation, and conclusion. The result of the study reveals that the pretest in descriptive writing skiil of grade X1 students at SMAN 1 Maros including ideas, content organization, structure, diction, and spelling, is categorized as low proved by none of students (0%) obtained score above 70 which is the minimum completeness criteria. After conducting the treatment through cycle I and II with the implementation of semantic mapping strategy in descriptive writing, students’ skill is improved medium category to extremely good category. The conclusion based on the result is the implementation of semantic mapping strategy in descriptive writing skill of grade X1 students at SMAN 1 Maros including ideas, content organization, structure, diction, and spelling, has significant improvement.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:59
Last Modified: 15 Jul 2016 02:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item