Pengaruh Struktur Sintaksis Bahasa Pertama terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur

HARSIA, HARSIA (2018) Pengaruh Struktur Sintaksis Bahasa Pertama terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur. S3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL INTERNASIONAL IBU HARSIA.pdf

Download (105kB) | Preview

Tujuan penelitian ini mengungkap (i) pengaruh sintaksis kalimat bahasa pertama terhadap kemampuan analisis bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua siswa kelas V SD di Kecamatan Tomoni Timur, (ii) implikasi pemerolehan bahasa pertama dan pemerolehan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua terhadap pengajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Tomoni Timur. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh struktur sintaksis bahasa pertama terhadap kemampuan analisis bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua siswa kelas V SD di Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur ditunjukkan dengan pemakaian struktur kalimat bahasa pertama dan bahasa kedua secara timbal-balik. Baik pemakaian struktur kalimat bahasa pertama yang sesuai maupun yang tidak sesuai dengan struktur kalimat bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Responden yang menggunakan jenis kalimat tanya dalam karangannya adalah responden bahasa pertamanya bahasa Toraja, Bugis, Jawa kecuali responden yang bahasa pertamanya bahasa Bali tidak ditemukan kalimat tanya dalam karangannya. Pada jenis kalimat penyangkalan semua responden menggunakan kata ingkar tidak dalam karangannya. Sebagian besar responden menggunakan kalimat majemuk dalam karangan kurang sesuai dengan kaidah bahasa kedua (bahasa Indonesia). Penggunaan kalimat pasif dan aktif dalam karangannya kurang sesuai dengan kaidah bahasa kedua (bahasa Indonesia). Implikasi pemerolehan bahasa pertama dan pemerolehan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua terhadap pengajaran sintaksis (pengajaran bahasa Indonesia) di sekolah terjadi kesenjangan di antara bahasa pertama dan bahasa kedua artinya bahwa pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dipengaruhi oleh penggunaan bahasa pertama responden, baik dari segi kaidah bahasa pertama maupun dari segi aksen bahasa pertama. Saran (1) Perlu dibina hubungan dan kerjasama yang baik antara orang tua dan guru agar pendidikan anak usia SD kelas V, khususnya dalam pembelajaran bahasa pertama dan bahasa kedua dapat dilaksanakan secara optimal, dan (2)Perlu penelitian lebih lanjut tentang pemakaian bahasa pertama dan bahasa kedua khususnya bahasa siswa pada usia 10-11 tahun atau usia SD kelas V. Kata kunci: pengaruh, struktur, sintaksis, bahasa pertama, bahasa kedua

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 May 2018 07:47
Last Modified: 24 May 2018 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8933

Actions (login required)

View Item View Item