Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) pada Kelas IX Semester Genap di SMP Negeri 27 Makassar

Amaludin, Amaludin (2013) Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) pada Kelas IX Semester Genap di SMP Negeri 27 Makassar. S1 thesis, FSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (482kB) | Preview

ABSTRAK Permasalahan pada penelitian ini adalah analisis rencana pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa) pada kelas IX di SMP Negeri 27 Makassar yang bertujuan untuk menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa) pada kelas IX di SMP Negeri 27 Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru seni budaya (seni rupa) pada kelas IX di SMP Negeri 27 Makassar, keseluruhan jumlah dari rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut adalah 5 RPP dan sampel dalam penelitian ini sesuai dengan jumlah RPP yang disiapkan oleh guru bidang studi seni budaya (seni rupa) kelas IX di SMP Negeri 27 Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan pendekatan sampling jenuh. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menyesuaikan dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya atau apa adanya berdasarkan kata-kata atau nonstatistik. Dengan demikian diharapkan dapat diperoleh keterangan bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran seni budaya dan cara pelaksanaannya yang dilakukan oleh guru seni budaya (seni rupa) di SMP Negeri 27 Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rencana pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa) yang disusun oleh guru di SMP Negeri 27 Makassar terdapat beberapa kekurangan, diantaranya adalah: (1) materi ajar yang terdapat dalam RPP yang dikembangkan oleh guru hanya ditulis pokok-pokok materi saja, sehingga penulis membuatkan materi ajar yang lengkap sesuai dengan kompetensi dasar; (2) media pembelajaran yang terdapat dalam RPP yang dikembangkan oleh guru hanya ditulis buku sumber dan LCD proyektor, sehingga dibuatkan media dalam bentuk tayangan powerpoint; dan (3) teknik penilaian yang terdapat dalam RPP yang dikembangkan oleh guru hanya berbentuk instrumen tunggal, sehingga dibuatkan instrumen penilaian dalam bentuk soal-soal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 May 2018 06:41
Last Modified: 24 May 2018 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8912

Actions (login required)

View Item View Item