RAHMAN, ABDUL (2012) Kemampuan Membuat Kerajinan Kolase Dari Bahan Tempurung Kelapa Siswa kelas XI SMA. Negeri 1 Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar. Diploma thesis, FSD.
|
Text
3).BAB I - BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai dan mendeskripsikan tingkat kemampuan membuat kerajinan kolase dari bahan tempurung kelapa siswa kelas XI SMA. Negeri I Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar, serta faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran kerajinan kolase dari bahan tempurung kelapa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA. Negeri 1 Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012-2013 yang terdiri atas tiga kelas yaitu kelas XI IPA. (10 orang), XI IPS. I (14 orang) dan XI IPS. II (18 orang) dengan jumlah keseluruhan 42 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 orang yang di ambil secara acak dari tiap-tiap kelas, yaitu kelas XI IPA 5 orang, kelas XI IPS.I 7 orang dan kelas XI IPS. II 9 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan, Tes/Penugasan, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dianalisis menggunakan analisis persentase. Nilai perolehan siswa dijadikan dasar untuk mengukur tingkat kemampuan mereka. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Tingkat kemampuan siswa kelas XI SMA. Negeri 1 Taka Bonerate dikategorikan baik dalam belajar kerajinan Kolase dari bahan tempurung kelapa. Hal ini dapat dilihat dari 52.38% atau sebanyak 11 siswa dari 21 sampel yang dikategorikan baik dalam belajar membuat kerajinan Kolase dari bahan tempurung kelapa, sebanyak 47.61% atau sebanyak 10 siswa dikategorikan sedang dalam belajar membuat kerajinan Kolase dari bahan tempurung kelapa. (2) faktor-faktor yang menjadi kendala bagi siswa kelas XI SMA. Negeri 1 Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar dalam belajar kerajinan Kolase dari bahan tempurung kelapa antara lain adalah faktor fasilitas, terutama alat dan ruang kerja sehingga sulit bagi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 24 May 2018 06:11 |
Last Modified: | 24 May 2018 06:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8894 |
Actions (login required)
View Item |