Peningkatan Kemampuan Memahami Ide Pokok Bacaan dengan Menggunakan Teknik Scanning Reading Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep

FAHIRAH, AKIB (2013) Peningkatan Kemampuan Memahami Ide Pokok Bacaan dengan Menggunakan Teknik Scanning Reading Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
FAHIRAH AKIB.docx

Download (17kB)

FAHIRAH AKIB. 2013. Peningkatan Kemampuan Memahami Ide Pokok Bacaan dengan Menggunakan Teknik Scanning Reading Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Kekhususan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Unversitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Achmad Tolla dan Muhammad Saleh). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil kemampuan memahami ide pokok bacaan melalui teknik Scanning Reading siswa kelas XI SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep yang berjumlah 30 orang pada kelas XI IPA 3. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Desain ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami ide pokok bacaan melalui teknik Scanning Reading dalam bentuk deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta tahap refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis analisis data yaitu, analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca dalam menemukan ide pokok melalui teknik scanning reading dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I, aktivitas guru telah berjalan lumayan baik tetapi kurang maksimal, masih ada deskriptor yang tidak dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran. Pada sikus II aktivitas guru sudah berjalan dengan maksimal, karena semua deskriptor telah dilaksanakan oleh guru dengan sangat baik. Adapun aktivitas siswa pada siklus I tidak berjalan dengan optimal dan berada pada kategori kurang aktif. Selanjutnya, pada siklus II berhasil diperbaiki sehingga berjalan dengan optimal dan berada pada kategori aktif dan sangat aktif. Peningkatan hasil pembelajaran membaca dalam memahami ide pokok melalui teknik Scanning Reading telah mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil tes pemahaman ide pokok prasiklus yaitu sebesar 44,03 atau dikategorikan kurang, dan pada siklus I sebesar 59,4 atau dikategorikan kategori cukup. Selanjutnya, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,23 atau dikategorikan baik, dan telah mencapai nilai Standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan: (1) diharapkan kepada guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk menerapkan teknik scanning reading dalam pembelajaran membaca, karena hasil penelitian ini menunjukkan suatu hasil yang baik dan positif; (2) guru bahasa Indonesia hendaknya lebih meningkatkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan memberikan latihan kepada siswa pada pembelajaran membaca; dan (3) kepada peneliti lanjut hendaknya mengembangkan penelitian ini lebih optimal. ABSTRACT FAHIRAH AKIB. 2013. The Improvement in Understanding the Main Topic of Reading with Used Scanning Reading Technique of XI Grade Students at SMAN 1 Labakkang of Pangkep Regency. (Supervised by Achmad Tolla and Muhammad Saleh). This research aimed to describe the process of improvement and the result of ability in understanding the main topic of reading with used Scanning Reading technique of XI grade students at SMAN 1 Labakkang of Pangkep Regency with as many as 30 students in XI grade of IPA 3. The design of the research employed an classroom action research which consisted of two cycles. The design described the improvement in understanding the main topic of reading with used Scanning Reading technique in a form of descriptive qualitative and descriptive quantitative. Data and data sources of the study obtained through the result of action plan, the implementation of action, observation, and reflection phase. Data were analyzed using quantitative data analysis and qualitative data analysis. The result of the study revealed that the implementation of reading learning in finding the main topic with used Scanning Reading technique could improve teacher and students activity. At cycle I, teachers activity was conducted fairly good but not maximal yet, there were descriptors that were not conducted according to the lesson plan. At cycle II, teachers activity was conducted maximally because all the descriptors were conducted well by the teachers. While the students activity at cycle I was not conducted optimally and was in less active categories. At cycle II, improvement was conducted optimally which was in active and extremely active categories. The improvement of reading learning in understanding the main topic with used Scanning Reading technique was improved significantly. The result of understanding the main topic at pre-cycle was 44,03 or was in poor category and at cycle I was 59,4 or in fair category. At cycle II, it was obtained the average of 77,23 or was in good category and has achieved the standard of minimal mastery criteria by 75. Suggestions based on the result of the study were (1) teachers of language and literature of Indonesian should implement Scanning Reading technique in reading learning because the study indicated good and positive result; (2) teachers of Indonesian should improve language and literature of Indonesian by providing practice to students on reading learning; (3) other researchers should conduct further research to develop the study optimally.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:59
Last Modified: 15 Jul 2016 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item