Problematika Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto

ABU BAKAR, TUMPU (2014) Problematika Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABU BAKAR TUMPU.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK H. Abu Bakar Tumpu. 2014. “Problematika Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto” (dibimbing oleh Dr.Salam, M.Pd dan Dr.Kembong Daeng, M.Hum). Penelitian ini mendeskripsikan secara sistematis problematika yang dihadapi oleh siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kelara dalam membaca cepat. Peneltian ini merupakan penelitian deskriptif, yang merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sistematis untuk memperoleh jawaban atas permasalahan siswa dan guru. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data dengan pengamatan langsung, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini berdasarkan dengan pengamatan langsung dari 30 siswa dan 6 guru di sekolah dan menunjukkan kalau:(1) kemampuan membaca cepat siswa masih belum mencapai standar yang ditentukan (2) kesulitan atau permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran membaca cepat masih jauh dari keefektifan, (3) kesulitan guru dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat masih mengalami banyak permasalahan di antaranya kurangnya pertemuan untuk membahas tentang membaca dalam satu semester. Adapun penyebab dari kesulitan siswa di antaranya faktor internal yang bersumber dari dalam diri siswa itu sendiri seperti kurangnya minat dan motivasi siswa dalam membaca dan keadaan intelektual, fisiology, psykology, ekonomi juga bagian dari penyebab hambatan siswa dalam membaca cepat. faktor yang kedua adalah faktor eksternal yang bersumber dari luar diri siswa seperti pengaruh guru dan lingkungan terhadap siswa. permasalahan yang dialami guru dalam mengajarkan pembelajaran membaca terutama membaca cepat masih sangat tergolong rendah, kesulitan siswa dalam membaca cepat dan kurangnya dorongan dari guru itu sendiri dalam memotivasi siswa untuk memberikan keharusan membaca cepat dengan pencapaian yang telah diminimalkan, guru juga dalam penyajian materi hanya konsen pada berteori atau berceramah setelah itu menyodorkan soal selanjutnya menunggu jawaban dari siswa, disini bagi guru untuk siswa yang terpenting bisa mengerjakan soal-soal dengan jawaban yang benar, tidak menekankan keefektifan membaca cepat siswa. solusi untuk siswa dalam menghadapai problematika dalam membaca cepat:(a) siswa harus menumbuhkan motivasi dan minat membaca terkhusus dalam membaca cepat serta mampu dalam memahami, (b) tidak merasa cepat bosan dan tertekan dalam pembelajaran, (c) siswa harus menumbuhkan sikap positif terhadap pelajaran, khususnya pelajaran bahasa Indonesia agar tidak terjadi diskriminasi pada pelajaran tertentu. solusi untuk guru yaitu guru harus berusaha mengindentifikasi konsep-konsep yang sulit dipahami siswa terutama dalam pembendaharaan kata sehingga siswa mampu memahami dengan cepat dalam membaca cepat. ABSTRACT ABU BAKAR TUMPU. 2014. The Problems of Learning Speed Readimg Skiils of Students in Class XI IPS 4 at SMAN 1 Kelara in Jeneponto District (suvervised by Salam and Kembong Daeng). This stdy describes systematically the problems in speed reading faced by the students of class XI IPS 4 SMAN 1 Kelara Jeneponto. This study is a descrivtive study, which is a systematic series of activities to answers the problems of students and teachers. Data of this research were collected through direct observation, questionnaires, interviews, and documentation. The data were analyzed using descriptive techniques. The result of the study based on the direct observation of 30 students and 6 teachers at school reveal that: (1) the ability of students in speed reading still has not reached the given standard, (2) the difficulties or problems experienced by students in learning speed reading is still far from effective, (3) the teachers are still having a lot of problems in teaching speed reading skills, such as lack of meetings to discuss the reading in one semester. There are two difficulties faced by the students. First, it is an internal factor which is base from the students themselves as a lack of interest and motivation in reading as well as intellectual state, phsyology, psychology, economic barriers are also part of the cause in speed reading. The second fctors is the external factor that comes from outside of the student as a teacher and environmental influences on students. Problems experienced by teachers in teaching reading especially speed reading is still very low, students difficulties in reading fast and lack of encouragement from the teachers to motivate their students to learn speed reading with achievements that have been minimized. In tearms of presentation of the material the teachers is only concerned on theorized or lecturing, the asking the questions and wait for an answer from the students. In this case, it is necessary for teachers that their students can answer the questions with correct answers. They did not emphasize the effectiveness of speed reading to the students. Solutions to the problems facing by students in speed reading are: (a) the student must foster motivation and interest in speed reading as well as to comprehend their reading, (b) do not feel bored and depressed in learning, (c) student must develop a positive attitude towards lessons, particularly the lesson of Bahasa Indonesia to avoid discrimination on certain subjects. Solutions for teachers were the should strive to identify the concepts that are difficult to understand, especially in the vocabulary, thus, students are able to understand speed reading promptly.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:58
Last Modified: 15 Jul 2016 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item