Pengelolaan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Di SDN 8 Wirimpalennae Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo

HASNAWATI, HASNAWATI (2015) Pengelolaan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Di SDN 8 Wirimpalennae Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
HASNAWATI.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1). untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pendidikan. (2). untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung partisipasi masyarakat dalam pendidikan. (3). untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat partisipasi masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menemukan sifat atau pengalaman seseorang dengan suatu fenomena yaitu pengelolaan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Data dikumpulkan meliputi (1) partisipasi masyarakat dalam pengmabilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pengambilan manfaat dan partisipasi dalam evaluasi. (2) faktor pendukung dan penghambat pengelolaan partisipasi masyarakat diperoleh melalui informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan: (1) adanya partisipasi langsung masyarakat dalam pengambilan keputusan secara demokratis di sekolah. (2) partisipasi dalam pelaksanaan pendidikan yaitu dalam bentuk dana dan daya (tenaga), partisipasi dalam mengawasi dan membimbing belajar anak-anaknya di rumah, baik dari segi akhlak, moral, tata krama dan sopan santun baik dalam berbicara maupun dalam bertingkah laku, menyediakan kebutuhan alat tulis sekolah anaknya, dan selalu memotivasi anaknya untuk tetap bersekolah dan memonitoring tugas-tugas anaknya di rumah. (3) manfaat partisipasi masyarakat yaitu a) memperlancar jalannya program sekolah. b) adanya rasa memiliki yang berdampak pada loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap program-program sekolah termasuk visi dan misi, dan tujuan sekolah. c) tidak adanya prasangka buruk dalam pengambilan keputusan dan kebijakan sekolah. (4) evaluasi partisipasi masyarakat yaitu adanya kenyataannya perubahan yang lebih baik dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa setelah proses pembelajaran di sekolah. Faktor pendukung yang berpengaruh terhadap pengelolaan partisipasi masyarakat (a) adanya kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis dan partisipatif. (b) adanya motivasi dan keinginan orang tua dan masyarakat yang tinggi untuk melihat kemajuan sekolah. Faktor penghambat yang berpengaruh terhadap pengelolaan partisipasi masyarakat yaitu: a) terbatasnya waktu partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program sekolah. b) kurangnya partisipasi masyarakat dalam pendanaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 May 2018 03:11
Last Modified: 24 May 2018 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item