Studi Tentang Penguasaan Model - Model Pembelajaran Pada Guru Dalam Bidang Studi PKn Di SMP Negeri 3 Majene

PRATAMI PUTRI, ANGGRAINI (2016) Studi Tentang Penguasaan Model - Model Pembelajaran Pada Guru Dalam Bidang Studi PKn Di SMP Negeri 3 Majene. Diploma thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Mengetahui model pembelajaran apa saja yang digunakan oleh guru dalam bidang PKn di SMP Neg.3 Majene. 2). Mengetahui pertimbangan guru dalam memilih model pembelajaran dalam bidang PKn di SMP Negeri 3 Majene. 3).Mengetahui sejauh manakah penguasaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam bidang PKn di SMP Negeri 3 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di Sekolah SMP Negeri 3 Majene. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tekhnik wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunujukan bahwa : 1). Model-model pembelajaran yang digunakan guru SMP Negeri 3 Majene yaitu Model Pembelajaran Discovery Learning, Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Dan tekhusus untuk guru mata pelajaran PKn ada kecenderungan lebih memilih menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. 2).Pertimbangan guru PKn SMP Negeri 3 Majene kemudian lebih cenderung menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning karena ; (1).Model tersebut membuat siswa lebih mudah mengerti terhadap apa yang dijelaskan oleh guru. (2).Model tersebut sesuai dengan standar dan isi dari kurikulum 2013, yakni membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. (3).Meningkatnya minat dan motivasi siswa dalam belajar untuk mengenali masalah, solusi, mencari informasi yang relevan. 3)Berbicara tentang penguasaan terhadap model pembelajaran yang digunakan yakni Discovery Learning atau model pembelajaran Discovery, ketiga guru tersebut dapat dikatakan telah menguasai model tersebut. Dari hasil penelitian yang ada terdapat tanggapan positif dari kepala sekolah dan siswa yang telah diajar.Artinya sudah cukup bagus dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 May 2018 00:26
Last Modified: 24 May 2018 00:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8847

Actions (login required)

View Item View Item