Yohana, Pindan (2013) Efektifitas Pengelolaan Taman Kanak-kanak Katolik Angela Paku Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Yohana Pindan.docx Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Yohana Pindan 2015. Efektifitas Pengelolaan Taman Kanak-kanak Katolik Angela Paku Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. (Dibimbing oleh Hamsu A. Gani dan M. Ali Latief). Tujuan Penelitian untuk mengetahui gambaran pengelolaan, faktor pendukung dan penghambat pegelolaan Taman Kanak-Kanak Katolik Angela Paku Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen utama dalam melaksanakan penelitian. Peneliti menggali informasi dari beberapa narasumber dengan teknik wawancara. Data yang telah dikumpulkan ini kemudian dinalisis dengan menggunakan model interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Taman kanak-kanak Katolik Angela Paku yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian telah berjalan dengan baik. Kegiatan perencanaan meliputi rencana strategis 4 tahun dan rencana operasional (renop) yang merupakan program tahunan. Kedua rencana ini telah terlaksana, namun masih kurang maksimal dalam proses perencanaannya. Kegiatan penggerakan meliputi; kurikulum, murid, guru dan pegawai, sarana prasarana, dana serta masyarakat. Keenam komponen ini ada yang telah memberikan kesan secara baik ada juga yang belum maksimal. Seperti kualifikasi pendidikan guru dan pegawai yang belum memenuhi syarat. Komponen-komponen pengelolaan TK di atas banyak yang telah memberikan dampak yang positif seperti perencanaan yang baik serta pelaksanaan program yang maksimal, kerja sama yang baik antar pihak-pihak TK, yayasan dan juga masyrakat. Faktor lain yang menjadi faktor penghambat, misalnya; kualifikasi pendidikan yang belum sesuai serta komunikasi dan keterbukaan pihak TK dengan yayasan. Kata kunci: Efektivitas pengelolaan TK, Kualitatif deskriptif, Wawancara. ABSTRACT YOHANA PINDAN, 2015. The management Efffectiveness of Angela Paku Catholic Kindergarten in Makale Subdistrict of Tana Toraja (supervised by Hamsu A Gani And M.Ali Latief). The objectives of the study were to describe the management, supporting and inhibiting factors in managing Angela Paku Catholic Kindergarten in Makale Subdistrict of Tana Toraja. This study employed descriptive qualitative approach and the researcher was the main instrument in conducting the study. The researcher explored information from multiple sources using interview techniques. The data collection was then analyzed by employing interactive model included the data collection , data reduction, data presentation and conclusion. The result revealed that the management at Angela Paku Catholic Kindergarten included the planning, implementation, monitoring and assessment had been conducted well. The planning activities included a 4 year strategic plan and operational plan (RENOP) annually. Both of these plans had been implemented, but still less maximally in the planning process. Mobilization activities covered curriculum, students, teachers and staff, infrastructure, funs and public. These six components had given a good impression, but yet maximized, such as teacher educational qualifications and employess who were not eligible. Many of those kindergarden management components had positive impacts, such as good planning and total implementation of programs, good cooperation among the kindergarten parties, institutions and community, where as, the inhibiting factors were the improper educational qualification, communication as well as transparency of the kindergarten and the institution. Key word : Efectivity of kindergarten management, descriptive qualitative, interview
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 00:58 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/884 |
Actions (login required)
View Item |