Analisis Pendekatan teknik Penugasan terstruktur Mata Pelajaran PKn pada SMA Negeri 15 Makassar

PRATIWI M, SUGIRA (2016) Analisis Pendekatan teknik Penugasan terstruktur Mata Pelajaran PKn pada SMA Negeri 15 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SUGIRA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui kondisi pelaksanakan kegiatan pembelajaran PKn dengan teknik penugasan terstruktur di SMA Negeri 15 Makassar, cara teknik penugasan terstruktur dapat meningkatkan KKM peserta didik di SMA Negeri 15 Makassar, dampak dari teknik penugasan terstruktur terhadap Peserta Didik di SMA Negeri 15 Makassar Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian survey dimana peneliti menggunakan kuisioner atau angket sebagai instrument penelitian utama untuk mengumpulkan data. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan gejala atau peristiwa yang diukur kemudian diolah sesuai dengan fungsinya. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru PKn dan peserta Didik SMA Negeri 15 Makassar dengan sampel 49 dengan menggunakan pengambilan sampel secara random sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah Kuisioner (Angket), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif yang pengelolahan datanya dilakukan setelah data telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan, 1) kondisi pelaksanakan kegiatan pembelajaran PKn dengan teknik penugasan terstruktur di SMA Negeri 15 Makassar cukup baik. Dilihat dari beberapa peserta didik yang masih antusias mengikuti pembelajaran PKn. 2) dengan cara Teknik penugasan terstruktur tidak dapat meningkatkan KKM peserta didik di SMA Negeri 15 Makassar, dilihat dari nilai rata-rata peserta didik di SMA Negeri 15 Makassar hanya mendekati nilai 77. 3) Dampak dari teknik penugasan terstruktur terhadap peserta didik di SMA Negeri 15 Makassar, Dampak dari pemberian tugas terstruktur terhadap peserta didik dapat dilihat pada manfaat yang diperoleh peserta didik yaitu: kerjasama, kemandirian, kreatif, disiplin, inovatif, tanggung jawab, pengetahuan, serta kejujuran. Harapan pada teknik penugasan terstruktur di SMA Negeri 15 Makassar agar peserta didik lebih giat lagi mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan guru lebih memperhatikan peserta didik agar lebih memahami pelajaran yang diberikan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 May 2018 07:24
Last Modified: 23 May 2018 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item