Perilaku Agresif Anak Autis dan Penanganannya Melalui Kegiatan Terapi Bermain Bersama Dengan Media Alam Di Kelas Dasar Satu SLB-C YPPLB Makassar.(

RASNAWATI, RASNAWATI (2013) Perilaku Agresif Anak Autis dan Penanganannya Melalui Kegiatan Terapi Bermain Bersama Dengan Media Alam Di Kelas Dasar Satu SLB-C YPPLB Makassar.(. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RASNAWATI.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK RASNAWATI. 2014, Perilaku Agresif Anak Autis dan Penanganannya Melalui Kegiatan Terapi Bermain Bersama Dengan Media Alam Di Kelas Dasar Satu SLB-C YPPLB Makassar.(dibimbing oleh komisi Penasihat Parwoto dan Ismarli Muis) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain bersama dengan media alam terhadap perilaku agresif anak autis. Indikator yang digunakan adalah perilaku agresif menyakiti diri sendiri, menyakiti orang lain dan menghardik orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Method. Subjek penelitian adalah anak autis berusia 6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan terapi bermain bersama dapat menurunkan perilaku agresif anak autis. Hal ini terbukti dari skor baseline A1 perilaku menyakiti diri sendiri skor tertinggi level 9, pada fase B (intervensi) perilaku agresif subjek turun ke skor level 4 dan setelah diberikan intervensi (A2) menurun lagi pada skor level 2. Perilaku menyakiti orang lain pada fase baseline A1 skor tertinggi level 4, fase B (intervensi) turun menjadi level 2 dan fase A2 setelah di berikan intervensi turun dengan level terendah 1, pada perilaku agresif menghardik orang lain fase baseline A1 skor tertinggi level 3, fase B (intervensi) perilaku turun ke level 2 dan setelah diberikan intervensi (A2) turun ke skor level 1. Hasil penelitian menunjukkan rerata frekuensi pada fase intervensi dan setelah intervensi lebih rendah dibandingkan dengan fase baseline I (A1) sebelum diberi intervensi. Sehingga disimpulkan terapi bermain bersama dengan media alam dapat menurunkan perilaku agresif anak autis. ABSTRACT RASNAWATI. 2014, The Aggressive Behavior of Autistic Child and Its Treatment through Play Together Therapy Activity with Nature Media in Grade Basic One of SLB-C in YPPLB Makassar (supervised by Parwoto and Ismarli Muis) The study aims at examining the influence of play together therapy with nature media on aggressive behavior of autistic child. The indicators used were the aggressive behavior of self harm, hurting others, and scolding others.This research used an experiment with a single subject method. The subject was a six-year-old autistic child. The results of the study indicate that the play together therapy can decrease aggressive behavior of autistic child, proved by the baseline score of A1 of self harm behavior with the highest score 9, at phase B (intervention) the aggressive behavior of the subject decreased to score 4 and after having intervention (A2) decreased again to score 2. The behavior of hurting others on baseline A1 phase is in the highest score 4, phase B (intervention) decreased to level 2 and phase A2 after intervention decreased to the lowest level 1, the aggeressive behavior of scolding others in baseline A1 phase is at the highest level 3, phase B (intervention) the behavior decreased to level 2 and after the intervention (A2) decreased to score 1. The result of the study indicates that the mean of frequency in intervention phase and after the intervention is lower than the baseline 1 phase (A1) before the intervention is given. The play together therapy with natural media can decrease aggressive behavior of autistic child.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:58
Last Modified: 15 Jul 2016 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item