Penerapan Nilai Lokal dalam Pengembangan Iklim Sekolah pada SMP Negeri 2 Makale

KARNIYANTI, PONGSENDANA (2015) Penerapan Nilai Lokal dalam Pengembangan Iklim Sekolah pada SMP Negeri 2 Makale. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
KARNIYANTI PONGSENDANA.docx

Download (15kB)

ABSTRAK KARNIYANTI PONGSENDANA. 2014. Penerapan Nilai Lokal dalam Pengembangan Iklim Sekolah pada SMP Negeri 2 Makale (Dibimbing oleh Chalid Imran Musa dan Jumadi Tangko). Nilai-nilai kemanusiaan yang berbasis pada nilai budaya lokal sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah. Apabila nilai-nilai ini diterapkan dengan baik, akan tercipta iklim sekolah yang baik dan kondusif. Penerapan nilai lokal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala sekolah melainkan semua warga sekolah bersama stakeholder sekolah, dan dalam penerapannya sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran penerapan nilai lokal dalam pengembangan iklim sekolah pada SMP Negeri 2 Makale? (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan nilai lokal dalam pengembangan iklim sekolah pada SMP Negeri 2 Makale? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memberikan gambaran penerapan nilai lokal dalam pengembangan iklim sekolah pada SMP Negeri 2 Makale, dan (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi penerapan nilai lokal tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa yang dipilih secara purposif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan yang mengikuti teknis analisis data. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan nilai lokal dalam pengembangan iklim sekolah pada SMP Negeri 2 Makale: (a) Penerapan nilai karapasan (ketenangan, ketenteraman) belum sepenuhnya, hal ini terlihat dari tingginya tingkat pelanggaran terhadap tata tertib sekolah sehingga membuat iklim sekolah belum kondusif. (b) Penerapan nilai kasiuluran (persaudaraan, kekeluargaan) sudah optimal. Nilai ini sangat kuat dan dinyatakan dalam keikutsertaan merasakan suka duka yang dialami oleh warga sekolah, serta mendukung pengembangan iklim sekolah. (c) Penerapan nilai kombongan (musyawarah) belum optimal, hal ini terlihat dalam pengambilan keputusan dalam suatu pertemuan yang hanya melibatkan beberapa oknum tertentu saja. Kurangnya kebersamaan ini menghambat mengembangan iklim sekolah yang kondusif. (d) Penerapan nilai kasianggaran (saling menghormati) belum optimal. Penerapannya sudah nampak di kalangan guru/pegawai, namun di kalangan siswa masih kurang. Iklim sekolah akan kondusif apabila semua tindakan didasari sikap saling menghormati dan menghargai. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan nilai lokal di sekolah adalah: tata tertib, budaya kekeluargaan yang kuat, kerjasama yang baik, kepemimpinan kepala sekolah, dan adanya seragam guru yang berciri budaya Toraja. ABSTRACT KARNIYANTI PONGSENDANA, The Implementation of Local Values in Developing School Climate of SMP Negeri 2 Makale (Supervised by Chalid Imran Musa and Jumadi Tangko) Human values are based on the value of the local culture is very important to be implemented in the school environment. If these values are applied properly, it will create good and conducive school climate. The implementation of these local values is the responsibility of all community of the school, and there are some factors that influence it. Therefore, the focuses of the problem in this study are 1. How is the description of implementing local values in school climatedevelopment ofSMP Negeri 2 Makale? 2.What are the supporting and inhibiting factors of implementing local values in school climate development of SMP Negeri 2 Makale? The purpose of this study are to provide an overview of implementation of local values in applying school climate ofSMP Negeri 2 Makale, and to determine factors that support and inhibit the implementation of local values. This study was a qualitative descriptive research. The sources of data were the headmaster, the vice headmaster, teacher, and student who had selected purposively. The data collection techniques of this study were interviews, observation and documentation. Data analyses were data reduction techniques, the presentation of the data and conclusions that follow data analysis techniques. The data validation techniques were triangulation and member check. The results showed that 1.implementationof local values in applying the school climatedevelopment ofSMP Negeri 2 Makale: (a) Implementation of karapasan value (quietness, peace) is not yet fully, it is seen from the level of students’ naughtiness and violation is still high due to the headmaster leadership is still lack in implementing the school rules, (b) implementation of kasiuluran values (brotherhood, kinship) is optimal, it is showed in the participation Rambu Solo’ event (sorrowevent), Rambu Tuka' (joyevent), visits to the sick and devastated, (c) implementation of kombongan value (discussion) is not optimal, which the meeting of preparation of the work program and budget (RKAS) involves only certain elements. Teachers were excluded entirely, so many teachers who do not know what school programs and how the budget, (d) implementation of kasianggaran value (mutual respect), has been entirely among teachers/ employees, yet it is not optimal among students. 2. the supporting factors in implementing local values in school, such as: the rules, the strong family culture, good cooperation and the presence of school logos and teacher uniform that is characterized by Toraja culture, while inhibiting factors are the equivocal of headmaster, technology improvement, environmental education children, and the lack of guidance counselor/BK.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:57
Last Modified: 15 Jul 2016 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item