Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC) dengan Media Kartu Soal Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar

Nurhidayah, Nurhidayah (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC) dengan Media Kartu Soal Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
NURHIDAYAH1.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen semu yang melibatkan satu kelompok eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC) dengan media kartu soal efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 18 Makassar. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 18 Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC) dengan media kartu soal efektif diterapkan pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 18 Makassar yang ditunjukkan: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika sebesar 80,98 yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan uji proporsi persentase ketuntasan klasikal tercapai tidak kurang dari 70% dan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 0,75 yang berada pada kategori tinggi. (2) Skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 2,98 yang berada pada kategori baik. dan (3) Persentase siswa memberi repon positif mencapai 90,7%. Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran Matematika, CIRC dan Media Kartu Soa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 May 2018 02:53
Last Modified: 23 May 2018 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item