Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah pada SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek.

Danar, Ronge (2015) Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah pada SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
DANAR RONGE.docx

Download (14kB)

ABSTRAK DANAR RONGE. 2014. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah pada SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek. (Dibimbing oleh Chalid Imran Musa dan Jumadi Tangko) Penerapan manajemen berbasis sekolah yang sesuai dengan standar harus diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala sekolah melainkan semua warga sekolah bersama stakeholder sekolah. Penerapan manajemen berbasis sekolah tersebut akan berjalan efektif jika dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penerapan manajemen berbasis sekolah di SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek? (2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan manajemen berbasis sekolah di SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memberikan gambaran penerapan manajemen berbasis sekolah di SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan manajemen berbasis sekolah di SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang dipilih secara purposif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan yang mengikuti teknis analisis data. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Gambaran penerapan prinsip manajemen berbasis sekolah ditinjau dari kurikulum dan program pengajaran, tenaga pendidik dan kependidikan, serta sarana dan prasarana di SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek adalah: 1) Prinsip Otonomi diwujudnyatakan dalam kewenangan kepala sekolah dalam pembentukan Tim Pengembang Kurikulum (TPK), perencanaan, pengorganisasi dan evaluasi tenaga pendidik dan kependidikan dan sarana dan prasarana, 2) Prinsip akuntabilitas dapat dilihat dalam pertanggungjawaban dalam hal kurikulum dan program pengajaran, tenaga pendidik dan kependidikan serta sarana dan prasarana, dan 3) Prinsip Partisipatif terlihat dalam bentuk keikutsertaan masyarakat dalam memberikan sumbangsi pikiran, tenaga, dan materi untuk pengembangan kurikulum dan program pengajaran, tenaga pendidik dan kependidikan, serta sarana dan prasarana. (b) faktor-faktor yang mempenegruhi penerapan manajemen berbasis sekolah di SDN 152 Tampo Kecamatan Mengkendek adalah faktor dana, sumber daya manusia, serta kepemimpinan dan organisasi yang efektif. ABSTRACT DANAR RONGE, Implementation of School-BasedManagement in SDN 152 Tampo, Mengkendek District (Supervised by Chalid Imran Musa and Jumadi Tangko) Implementation of school-based management based on standards is should be applied in schools because it can improve the quality of education. Improving the quality of education is not only the responsibility of the headmaster, but all community with school stakeholders. Implementation of school-based management will be effective, if it is influenced by several factors. Therefore, the problems of this study are1.How is description of managementbased school in SDN 152 Tampo,Mengkendek district? 2. What are the supporting and inhibiting factors of implementing school-based management in SDN 152 Tampo Mengkendek district? The purpose of this study were (1) to describe the implementation of school-based management in SDN 152 Tampo Mengkendek district, (2) To determine factors that support and inhibit the implementation of school-based management in SDN 152 Tampo Mengkendek district. This study was a qualitative descriptive research. The sources of data were the headmaster and teacher who had selected purposively. The data collection techniques of this study were interviews, observation and documentation. Data analyses were data reduction techniques, the presentation of the data and conclusions that follow data analysis techniques. The data validation techniques were triangulation and member check. The results showed that 1. Description of the implementation of school-based management in SDN 152 Tampo Mengkendek districtin terms of curriculum and teaching programs; (a) curriculum of SDN 152 Tampo Mengkendek district that is arranged by headmaster,teacher, and committee, it needs to adjust, (b) Majority of teachers have set up preparatory learning, such as Lesson Plan. In terms of educators and education personnel; (a) the placement of educators have not been in accordance with the proposal to the education department (b) Educational staff professional development is done by following training, workshops, ICT training,etc. In terms of facilities and infrastructure: (a) Facilities and infrastructure of SDN 152 TampoMengkendek district is good, (b) There are teachers who are assigned to manage the belongings at school (school administrators).While, 2. Factors that support and inhibit the implementation of school-based management in SDN 152 TampoMengkendek district are Organization, environment, and employee.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:57
Last Modified: 15 Jul 2016 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item