Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Sistem dan Alat Pembayaran Kelas X.A MA DDI Wanio

Muh. Faisal, Muh. Faisal (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Sistem dan Alat Pembayaran Kelas X.A MA DDI Wanio. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang aktivitas pendidik, aktivitas siswa, hasil belajar Siswa dalam proses pembelajaran ekonomi pada standar kompetensi sistem dan alat pembayaran dan juga untuk mendapatkan gambaran tentang respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips. Subjek dalam penelitian ini 18 orang siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Prosedur penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi pada standar kompetensi sistem dan alat pembayaran dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips bagi siswa kelas X.A MA DDI Wanio. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil perolehan nilai sisiwa pada siklus I dan siklus II. Dengan hasil yang diperoleh pada siklus 1 yaitu jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 10 orang atau 55,56 persen dari 18 jumlah siswa, sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 15 orang atau 83,33 persen dari 18 jumlah siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 May 2018 08:05
Last Modified: 22 May 2018 08:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item