Eksplorasi Pencapaian Kompetensi Matematika Siswa pada Pembelajaran Tematik di SD Islam Athirah Makassar

HAMZAH, ANDI MAWADDAH (2018) Eksplorasi Pencapaian Kompetensi Matematika Siswa pada Pembelajaran Tematik di SD Islam Athirah Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
MAWADDAH.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa adanya terkait pencapaian kompetensi (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) dalam pembelajaran tematik dan faktor pengelolaan pembelajaran tematik di SD Islam Athirah Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-eksploratif. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Subjek dalam penelitian ini adalah kompetensi matematika dengan informan adalah siswa kelas V SD Islam Athirah Makassar. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Siswa sebagai salah satu sumber data dipilih dari tiga kategori. Kategori tinggi, sedang, dan rendah. Masing-masing kategori dipilih 1 orang siswa yang merupakan rekomendasi dari guru kelas. Penelitian ini juga memeroleh data dari guru sebagai informan terkait faktor pengelolaan pembelajaran tematik di dalam kelas. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pada kompetensi pengetahuan, subjek pertama, kedua, dan ketiga, belum mampu menentukan rasio keliling dan diameter lingkaran. Berbeda halnya dengan indikator menemukan dan menggunakan rumus keliling lingkaran dalam perhitungan, ketiga subjek justru mampu memenuhi indikator tersebut. Untuk indikator menemukan secara praktis rumus luas lingkaran, hanya subjek pertama dan kedua yang mampu memenuhi indikator. Pada kompetensi sikap, ketiga subjek masih belum teliti, cermat, dan disiplin. Meskipun demikian, ketiganya memiliki sikap yang kritis dan peduli Subjek pertama dan kedua memiliki sikap yang mudah menyerah dan pasif. Subjek pertama, kedua, dan juga ketiga memahami dan menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk ketiga indikator kompetensi keterampilan, subjek pertama dan kedua mampu memenuhi semua indikator. Subjek ketiga masih kurang teliti dan tidak dapat menggunakan informasi pada soal untuk menentukan rasio keliling dan diameter lingkaran. Adapun hasil penelitian terhadap pengelolaan pembelajaran guru, menunjukkan bahwa guru memiliki kemampuan dalam menerapkan metode dan prosedur pembelajaran; menyajikan materi pelajaran secara sistematis; menerapkan berbagai alternative strategi belajar mengajar; mengatur kondisi dan fasilitas ruang kelas yang mendukung pembelajaran; menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang mendukung pembelajaran; mengenali faktor yang memengaruhi pencapaian peserta didik; dan mengevaluasi proses pengelolaan pembelajaran. Hanya saja, dalam temuan ini, guru masih terkendala dalam perumusan RPP. Guru mengajarkan tema yang masih terlihat jelas pemisahan antar disiplin ilmu dalam satu tema. Kata Kunci: pencapaian kompetensi, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 May 2018 03:01
Last Modified: 22 May 2018 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item View Item