Pengembangan Lembar Kerja Siswa yang Berbasis Keterampilan Proses pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X MIA SMAN 1 Enrekang

Amiruddin, Amiruddin (2014) Pengembangan Lembar Kerja Siswa yang Berbasis Keterampilan Proses pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X MIA SMAN 1 Enrekang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AMIRUDDIN.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Amiruddin, 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa yang Berbasis Keterampilan Proses pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X MIA SMAN 1 Enrekang, dibimbing oleh: Amir, dan Nurhikmah. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang menghasilkan lembar kerja siswa yang berbasis keterampilan proses sesuai tuntutan kurikulum 2013, yang diperuntukkan untuk siswa sekolah menengah atas (SMA) kelas X program peminatan matematika dan ilmu alam (MIA). Pengembangan lembar kerja siswa ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, yang terdiri atas empat tahap yang dikenal dengan 4D, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Enrekang kelas X MIA-5. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kualitatif. Statistik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis kevalidan dan kepraktisan lembar kerja siswa yang berbasis keterampilan proses pada mata pelajaran Fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dan uji coba, maka lembar kerja tersebut dinyatakan sangat valid dan sangat praktis, sehingga layak digunakan pada pembelajaran Fisika. Keterampilan proses IPA dasar yang dilatihkan adalah: melakukan pengamatan (observasi), pengukuran (measurement), pengelompokan (klasifikasi), menyimpulkan (inferensi), memperkirakan (prediksi), dan melaporkan (komunikasi). Pembelajaran Fisika dengan menggunakan lembar kerja siswa yang berbasis keterampilan proses ternyata mampu meningkatkan keterampilan proses IPA dasar siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka disarankan kepada guru Fisika untuk menggunakan lembar kerja siswa yang berbasis keterampilan proses dalam pembelajaran. Kata kunci: Lembar kerja siswa, keterampilan proses ABSTRACT AMIRUDDIN. 2015. The Development of Student's Workbook Based on Process Skill on Physics Subject in Class X MIA at SMAN 1 Enrekang (supervised by Amir and Nurhikmah). The study was a research and development which produced student's workbook based on process skill referred to the demand of 2013 curriculum for senior high school students in class X of Mathematics and Science Interest (MIA) program. The development of student's workbook referred to Thiagarajan development model of 4D model, which consisted of four phases, namely defining phase, design phase, development phase, and dissemination phase. The study was conducted in class X MIA-5 at SMAN 1 Enrekang. Data were analyzed by employing statistics descriptive analysis used to analyze the validity and practicality of student's workbook based on process skill on Physics subject. The results of the study revealed that the student's workbook developed was confirmed as valid and practical after the validation and tests were conducted, which was feasible to be used on Physics subject. The practices of basic science process skill were the observation, measurement, classification, inferences, prediction, and communication. Therefore, the application of student's workbook based on process skill is in fact able to improve process skill of basic science of the students. Based on the findings, it is suggested that Physics teachers should employ student's workbook based on process skill in learning science. Keywords: student's workbook, process skill

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:57
Last Modified: 15 Jul 2016 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item