Harman, Harman (2013) Pengembangan E-learning berbasis CMS WordPress pada Teknik Kendaraan Ringan Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Nasional Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
HARMAN.docx Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Harman. 2013. Pengembangan E-learning berbasis CMS WordPress pada Teknik Kendaraan Ringan Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Nasional Makassar (dibimbing oleh Lu’mu dan Marsus Suti). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning berbasis WordPress pada Teknik Kendaraan Ringan Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Nasional Makassar. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Mekanik Otomotif SMK Nasional Makassar dengan jumlah 34 orang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Media e-learning berbasis WordPress yang dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi, serta telah diuji coba (perorangan, kelompok kecil, dan terbatas) pada siswa kelas XI Mekanik Otomotif SMK Nasional Makassar. Sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning berbasis WordPress telah memenuhi kriteria kevalidan yang meliputi aspek aplikasi, aspek tampilan, aspek content/isi dan aspek link materi. Media e-learning berbasis WordPress dikatakan efektif, hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru terhadap pembelajaran yang dilaksanakan baik/positif, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan baik/positif, dan umumnya respon siswa positif terhadap media e-learning yang telah dikembangkan. Selanjutnya, media e-learning berbasis WordPress disarankan agar dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada Teknik Kendaraan Ringan Program Studi Keahlian Teknik Otomotif serta pada mata pelajaran yang lain. Kata Kunci : pengembangan, e-learning, WordPress ABSTRACT HARMAN. 2013. Development of E-Learning based CMS WordPress on Light Vehicle Engineering Subject in Automotive Engineering Program at SMK Nasional Makassar (under the supervision of Lu’mu and Marsus Suti). This research aims to develop e-learning based wordpress on Light Vehicle Engineering in Automotive Engineering Program at SMK Nasional Makassar. Subject in this research were students of class XI automotive engineering at SMK Nasional Makassar, involved in 34 students. Development model that is used on this research is ADDIE model which is consisted of five steps, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. E-learning media based wordpress developed has been validated by the expert and also been revised and tested (individually, in small group, and limited) on students of class XI Automotive engineering at SMK National Makassar to obtain a decent result to be used. The result shows that e-learning based wordpress has met the validity criteria covering aspects of the application, the look, content, and link of material. E-learning media is said to be effective, since the activities of theacer on teaching is categorized good / positive, students activities in learning process are also considered good / positive, and generally students have positive responses on e-learning media that has been developed. Furthermore, e-learning media based wordpress is suggested to be used in learning process especially on Light Vehicle Engineering subject in Automotive Engineering Program. Keywords: development, e-learning, WordPress
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Teknik Mesin |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 01:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/868 |
Actions (login required)
View Item |