Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pemerintah di bidang Ekonomi Kelas X.4 SMA Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap

SYAMSUDDIN, IMAM (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pemerintah di bidang Ekonomi Kelas X.4 SMA Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SYAMSUDDIN.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap pada tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 37 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 26 perempuan. Prosedur penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Hasil yang dicapai setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) yaitu: Hasil penelitian untuk siklus I nilai hasil belajar siswa sebesar 51,35 persen atau 19 siswa dari 37 siswa yang berada pada kategori tuntas, dan 48,64 persen atau 18 siswa dari 37 siswa yang berada pada kategori tidak tuntas. Pada siklus II presentase nilai hasil belajar siswa sebesar 81,08 persen atau 30 siswa dari 37 siswa yang berada pada kategori tuntas dan 18,91 persen atau 7 siswa dari 37 siswa yang berada pada kategori tidak tuntas. Berdasarkan analisis data di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ekonomi siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap mengalami peningkatan setelah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 May 2018 01:42
Last Modified: 21 May 2018 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8679

Actions (login required)

View Item View Item