Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 16 Makassar

Lidayanti, Sri Wahyu (2016) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 16 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
LIDAYANTI.pdf

Download (55kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa dan Tingkat Pendapatan Orang Tua mempunyai pengaruh terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada SMA Negeri 16 Makassar pada tahun ajaran 2015/2016 semester Genap. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, studi pustaka dan kuisioner. Variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini ada dua yaitu Motivasi Belajar Siswa (X1) dan Tingkat Pendapatan Orang Tua (X2), sedangkan variabel terikat (dependent variable) dalam penelitian ini yaitu Prestasi Belajar Siswa (Y). Analisis data yaitu analisis statistik deskriptif, dan uji kualitas data. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa Jurusan IPS Kelas XI di SMA Negeri 16 Makassar Tahun Ajaran 2015/2016, yakni sebanyak 151 orang siswa (peserta didik). Dengan pertimbangan bahwa populasi dalam penelitian ini cukup besar, maka peneliti melakukan penarikan sampel. Agar diperoleh sampel yang representatif, maka peneliti menentukan 60 sampel dari populasi dengan teknik sampling yang digunakan yaitu Random Sampling, dimana pengambilan sampel dilakukan dengan alasan bahwa populasi sifatnya homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Dokumentasi, studi pustaka dokumentasi, dan Kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif presentatif dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan 0,05%. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dan tingkat pendapatan orang tua mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sesuai demgan teori – teori yang ada. Namun ada beberapa faktor lain yang juga dapat mempengaruhi prestasi belajar ekonomi seperti ulet mengahadapi kesulitan,mewujudkan minat terhadap bermacam-macam masalah untuk orang dewasa, memiliki keinginan besar untuk memahami materi setiap pelajaran, senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal,faktor lingkungan atau tempat tinggal siswa, dan teman bergaul.Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa bahwa motivasi belajar siswa dan tingkat pendapatan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Makassar. Secara parsial, variabel motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan adalah Motivasi Belajar siswa, sedangkan variabel tingkat pendapatan orang tua berpengaruh secara positif tapi tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 16 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 May 2018 01:32
Last Modified: 21 May 2018 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8678

Actions (login required)

View Item View Item