KARAKETERISTIK PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU SMA DITINJAU DARI PERSFEKTIF KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Khaeruddin, Khaeruddin (2013) KARAKETERISTIK PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU SMA DITINJAU DARI PERSFEKTIF KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. In: PENINGKATAN KREATIFITAS BANGSA MELALUI MIPA DAN PEMBELAJAAN MIPA, 31 Maret 2013, Universitas Negeri Jember.

[img]
Preview
Text
2013. Seminar Nasional UNEJ.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran guru SMA se Kota Makassar ditinjau dari Konsep Keterampilan Berpikir Kritis. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti melakukan analisis dokumen perangkat pembelajaran guru fisika sebanyak 31 orang yang tersebar pada enam sekolah di kota Makassar meliputi RPP, LKS, buku Siswa, dan soal semester. Dokumen perangkat pembelajaran guru digunakan untuk menganalisis karakteristik pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum menskenariokan dalam pembelajaran, yaitu: authentic Investegation (Science Processes Skills) dan Collaboration. Selain itu, perangkat pembelajaran meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan soal sebagian besar belum meransang berkembangnya keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, pemecahan masalah. Padahal dalam menyusun dan menyiapkan pembelajaran perlunya melibatkan siswa dalam berpikir kritis seperti penalaran dan analisis (Siegel, 1988; Perkins, Jay & Tishman, 1993; Ennis, 1996). Hal ini penting karena menurut Michael Scriven menyatakan bahwa tugas utama pendidikan adalah melatih siswa dan atau mahasiswa untuk berpikir kritis karena tuntutan pekerjaan dalam ekonomi global, kelangsungan hidup secara demokratis dan keputusan pribadi serta keputusan dalam masyarakat yang semakin kompleks memerlukan orang yang bisa berpikir dengan baik dan membuat penilaian yang baik (Jennifer. H, 1998). Oleh karena itu, perlunya guru menskenariokan di dalam perangkat pembelajaran seperti: driving question or problem, authentic Investegation: Science Processes Skills, collaboration, dan discussion.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr. Khaeruddin Khaeruddin
Date Deposited: 30 May 2018 03:29
Last Modified: 30 May 2018 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8671

Actions (login required)

View Item View Item