Implementasi Direct Instruction Berbasis Modul Tutor Sebaya Pada Pengoperasian Software Pengolah Angka (Ms. Excel) SMK Negeri I Jeneponto

Halimatullah, Halimatullah (2013) Implementasi Direct Instruction Berbasis Modul Tutor Sebaya Pada Pengoperasian Software Pengolah Angka (Ms. Excel) SMK Negeri I Jeneponto. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HALIMATULLAH.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Halimatullah 2014. Implementasi Direct Instruction Berbasis Modul Tutor Sebaya Pada Pengoperasian Software Pengolah Angka (Ms. Excel) SMK Negeri I Jeneponto (dibimbing oleh Husain Syam , dan Riana T. Mangesa). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan implementasi direct instruction berbasis modul tutor sebaya pada pengoperasian software pengolah angka (Ms.Excel) SMK Negeri I Jeneponto Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ, SMK Negeri I Jeneponto sebanyak 45 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 26 perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model alur PTK dari Hopkins yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan/evaluasi dan refleksi. Semua perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini telah divalidasi oleh pakar dan praktisi serta telah menjalani revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ tahun pelajaran 2013/2014 pada pengoperasian software pengolah angka (Ms.Excel) Kompetensi Dasar menjelaskan jenis dan fungsi perangkat lunak pengolah angka (Ms. Excel) setelah peserta didik diberikan model pembelajaran direct instruction berbasis modul tutor sebaya. Kata Kunci : Model Pembelajaran langsung, tutor sebaya ABSTRACT

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Mesin
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jul 2016 01:18
Last Modified: 15 Jul 2016 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item