Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning pada Teori Dasar Listrik dan Elektronika SMK Darussalam Makassar

Basri, N (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning pada Teori Dasar Listrik dan Elektronika SMK Darussalam Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BASRI N..docx

Download (12kB)

ABSTRAK BASRI N. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning pada Teori Dasar Listrik dan Elektronika SMK Darussalam Makassar” (dibimbing oleh Muris dan Lu‟mu Taris). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pengembangan produk media pembelajaran interaktif berbasis E-learning pada teori dasar listrik dan elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan media E-learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadopsi dari model Borg & Gall yang di sederhanakan menjadi tiga langkah utama yaitu: studi pendahuluan, pengembangan dan uji coba produk. Pada tahap pendahuluan dilakukan studi literatur dan studi lapangan menghasilkan draft awal produk. Selanjutnya dikembangkan dengan perencanaan pembuatan produk dan membuat desain awal produk. Perbaikan dan revisi awal dilakukan setelah mendapatkan masukan dan saran dari teman sejawat dan para ahli media dan materi. Uji coba produk untuk menguji keefektifan E-learning dilakukan pada kelas X Listrik SMK Darussalam Makassar yang terdiri dari 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, 7 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 25 orang siswa untuk uji coba lapangan, pada setiap akhir uji coba dilakukan revisi sesuai hasil penilaian subjek coba. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif, dengan mengkategorikan setiap jawaban dari subjek coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-learning yang dikembangkan setelah dilakukan validasi maka media tersebut dinyatakan valid. Media E-learning dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) memenuhi syarat kevalidan; (2) aktivitas siswa terpenuhi; (3) aktivitas guru terpenuhi; dan (4) siswa memberikan respon yang positif terhadap media E-learning yang dikembangkan. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran interaktif berbasis E-learning dapat digunakan dalam pembelajaran sesungguhnya sebagai komplemen pembelajaran konvensional dengan harapan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran. Disamping itu, penelitian ini dapat diteruskan sampai pada tahap uji penerapan/desiminasi sehingga didapatkan hasil yang lebih baik. Kata Kunci : E-Learning, Moodle, Pengembangan. ix ABSTRACT BASRI N. 2013. Development Interactive Learning Media Based E-Learning on Basic Theory of Electricity and Electronic at SMK Darussalam Makassar (supervised by Muris and Lu‟mu Taris). This research aims to identify the development profile of interactive learning media based e-learning on basic theory of electricity and electronic. This is a development research which focused to develop e-learning media. Method that is used in this research was adopted from Borg & Gall‟s model which is simplified into three main steps, namely preliminary-study, development, and product trials. On the preliminary stage, it was conducted literature study and field study to get the initial draft of product. Furthermore, it was developed with manufacturing planning and making the initial design of the product. Revision was conducted after given input and suggestion by colleague and the experts of median and material. The trial of product to test the e-learning effectiveness was conducted to the X grade student of electricity program in SMK Darussalam which include 3 students for individual trials, 7 students for small group trials, and 25 students for field trials. Revision was done at the end of each trials based on the assessment result of the subject. Technique of data analysis used was descriptive by categorizing every answers of the subject. The result indicates that e-learning media developed is stated valid. It is also meet the criteria of effective by the result: (1) validity qualify, (2) student activities are met, (3) teachers activity are met, and (4) students responded positively to the media developed. Therefore, interactive learning media based e-learning can be used in a real teaching and learning process as a conventional learning complement with the expectation it can improved the teaching learning quality. Beside that, this research can be continued until dessimination test stage, thus it can get a better result. Keywords: E-learning, Moodle, Development

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Mesin
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jul 2016 01:17
Last Modified: 15 Jul 2016 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item