Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa Pada Materi Segiempat ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bissappu

Sapriyanto, Sapriyanto (2018) Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa Pada Materi Segiempat ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bissappu. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SAPRIYANTO.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan pemahaman konsep segiempat siswa dengan memperhatikan gaya belajarnya dalam memfokuskan perhatian pada bentuk informasi yang mudah diterima yaitu visual, auditorial dan kinestetik. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIIIe di SMP Negeri 1 Bissappu Kab. Bantaeng yang masing-masing memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman konsep segiempat yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu (1) Peneliti sendiri; (2) Angket gaya belajar; (3) Tes kemampuan pemahaman konsep; dan (4) Pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data data kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa; (1) SVAI hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu indikator ketiga (memberi contoh dan noncontoh dari konsep) dan indikator keempat (menyatakan konsep dalam bentuk representasi matematis; (2) SADL mampu memenuhi ke lima indikator yaitu indikator pertama (menyatakan ulang sebuah konsep), indikator kedua (mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu), indikator ketiga (memberi contoh dan noncontoh dari konsep), indikator keempat (menyatakan konsep dalam bentuk representasi matematis), dan indikator kelima (mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah); (3) SKEH mampu memenuhi ke lima indikator yaitu indikator pertama (menyatakan ulang sebuah konsep), indikator kedua (mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu), indikator ketiga (memberi contoh dan noncontoh dari konsep), indikator keempat (menyatakan konsep dalam bentuk representasi matematis), dan indikator kelima (mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah). Kata Kunci: penelitian deskriptif, kemampuan pemahaman konsep segiempat, gaya belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 May 2018 05:19
Last Modified: 16 May 2018 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8596

Actions (login required)

View Item View Item