Analisis Miskonsepsi Materi Segitiga pada Siswa MTs. Syekh Yusuf Gowa Ditinjau dari Gaya Kognitif

ALIFAH, NUR (2018) Analisis Miskonsepsi Materi Segitiga pada Siswa MTs. Syekh Yusuf Gowa Ditinjau dari Gaya Kognitif. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
5. ARTIKEL.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi yang ditinjau dari gaya kognitif siswa terhadap pemahaman materi segitiga yang dilaksanakan di MTs. Syekh Yusuf Gowa. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XIII MTs. Syekh Yusuf Gowa yang telah memperolah materi segitiga. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa yang perinciannya dua siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dan dua siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif. Tes gaya kognitif impulsif dan reflektif yang digunakan adalah tes MFFT yang diadapatasi dari Jerome Kagan sedangkan miskonsepsi diidentifikasi melalui tes diagnostik+CRI. Selanjutnya miskonsepsi ditelusuri lebih lanjut melalui wawancara dengan fokus penelitian pada pemahaman subjek terhadap materi segitiga dengan fokus indikator yaitu pemahaman dalam mengenali bentuk/gambar segitiga, pengertian segitiga, menentukan jenis segitiga berdasarkan panjang sisi, menentukan jenis segitiga berdasarkan besar sudut, menentukan panjang sisi yang tidak diketahui pada segitiga dengan menggunakan Pythagoras, menentukan sisi dan keliling segitiga, serta menentukan alas, tinggi dan luas segitiga. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terjadi miskonsepsi materi segitiga pada siswa kelas XIII MTs. Syekh Yusuf Gowa, yakni: (i) subjek impulsif mengalami miskonsepsi pada 5 konsep yaitu mengenali bentuk/gambar segitiga, pengertian segitiga, mengidentifikasi jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisi dan ukuran sudut, dan salah satu subjek impulsif miskonsepsi dalam menentukan sisi suatu segitiga sehingga salah dalam menghitung keliling segitiga. (ii) subjek reflektif mengalami miskonsepsi terhadap konsep segitiga lancip. Salah satu subjek reflektif miskonsepsi pada konsep segitiga sehingga salah dalam menentukan bentuk/gambar segitiga dan salah satu subjek reflektif juga miskonsepsi dalam menentukan tinggi segitiga sehingga salah dalam menghitung luas segitiga. Karena adanya perbedaan miskonsepsi yang dialami subjek reflektif pada beberapa indikator pemahaman konsep maka miskonsepsi dari siswa yang bergaya kognitif reflektif tidak unik pada konsep tersebut (iii) Perbedaan miskonsepsi pada materi segitiga ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan reflektif tidak terlalu signifikan, tetapi dapat disempulkan bahwa subjek impulsif lebih banyak mengalami miskonsepsi daripada subjek reflektif terutama pada konsep jenis-jenis segitiga. Kata Kunci: miskonsepsi, gaya kognitif, konsep segitiga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 May 2018 07:51
Last Modified: 15 May 2018 07:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8576

Actions (login required)

View Item View Item