Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Prosedur Newman ditinjau dari Kecenderungan Kecerdasan Majemuk

AMIR, NUR FADHILAH (2018) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Prosedur Newman ditinjau dari Kecenderungan Kecerdasan Majemuk. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
5.ARTIKEL TESIS.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Belajar matematika tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep, tetapi siswa juga dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari-hari yang biasanya diwujudkan melalui soal cerita. Untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita, guru harus melakukan analisis terhadap pekerjaan siswa salah satunya dengan analisis kesalahan berdasarkan prosedur Newman. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa dilatarbelakangi banyak faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal adalah kecerdasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari kecenderungan kecerdasan majemuk. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods tipe sequentional explanatory strategi, subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Gowa tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: terdapat hubungan ke arah negatif antara kecenderungan kecerdasan dengan kesalahan siswa, yaitu semakin tinggi kecenderungan kecerdasan siswa, semakin rendah tingkat kesalahan yang dilakukan. Subjek dengan kecerdasan logis matematis tidak melakukan kesalahan membaca, menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dalam bentuk kalimat dan simbol, mengubah informasi soal ke dalam kalimat disertai gambar, menemukan pola dalam melakukan perhitungan dengan pendekatan phyragoras pada sisi yang sama, tidak melakukan kesalahan penulisan jawaban dan mengetahui satuan yang sesuai. Subjek dengan kecenderungan kecerdasan verbal linguistik tidak melakukan kesalahan membaca, menceritakan kembali isi soal dengan kata-kata yang runtut dan baku, menuliskan dan menjelaskan langkahlangkah penyelesaian secara singkat namun runtut dan benar, menjelaskan proses komputasi dengan kata-kata namun tidak tepat dalam proses perhitungan dan yakin dengan jawabannya yang salah, serta melakukan kesalahan dalam penulisan jawaban dengan tidak menyertakan satuan yang sesuai. Subjek dengan kecenderungan visual spasial tidak melakukan kesalahan membaca, menceritakan kembali isi soal dengan memvisualisasikan bentuk bangun dari soal, mengetahui beberapa alternative transformasi soal dan memilih yang paling sederhana, melakukan kesalahan dalam perhitungan serta tidak menuliskan kesimpulan jawaban yang benar namun benar ketika dikonfirmasi melalui wawancara. Kata Kunci: analisis kesalahan Newman, soal cerita, kecenderungan kecerdasan majemuk

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 May 2018 07:48
Last Modified: 15 May 2018 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8575

Actions (login required)

View Item View Item