Pola Interaksi Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 2 Pinrang

SUHARNI, SUHARNI (2016) Pola Interaksi Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 2 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SUHARNI.pdf

Download (43kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi guru dan siswa salam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku orang-orang yang akan diamati. Oleh karena itu, peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru-guru mata pelajaran ekonomi dan siswa-siswa kelas X SMA Negeri 2 Pinrang dengan cara mewawancarai dan mencari data-data di ruang tata usaha serta mengambil dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pola interaksi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Pinrang, dapat diketahui bahwa pola interaksi yang paling sering dilakukan dalam proses belajar mengajar adalah pola interaksi guru-murid, murid-guru, murid-murid dimana interaksi yang terjadi adalah multiarah, siswa aktif dan saling bekerjasama dalam proses pembelajaran. Adapun pola lain yang biasa digunakan oleh guru adalah pola guru-murid yang melahirkan interaksi satu arah dan membuat siswa menjadi bosan dan pasif dalam mengikuti pelajaran. Pola guru-murid-guru terjadi ketika guru menggunakan metode tanya jawab. Pola guru-murid-murid terjadi ketika guru memberikan penugasan. Kemudian siswa yang berdekatan di minta untuk saling bertukar pikiran menjawab pertanyaan tersebut. Adapun untuk pola melingkar tidak ditemukan dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu yang tidak memadai. Dari uraian tersebut, dapat di pahami bahwa pola interaksi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Pinrang sudah baik, hal ini karena rata-rata guru menggunakan pola interaksi guru-murid,murid-guru,murid-murid dimana interaksi yang terjadi adalah multi arah yaitu dari guru ke siswa, siswa ke guru, siswa ke siswa. Kata kunci : Pola Interaksi Guru dan Siswa, Belajar Mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 May 2018 06:35
Last Modified: 15 May 2018 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8566

Actions (login required)

View Item View Item