PEMBELAJARAN BERBICARA MELALUI CERITA PENGALAMAN LIBURAN YANG MENGESANKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 POLOMBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Aulia, Andi Dewi (2018) PEMBELAJARAN BERBICARA MELALUI CERITA PENGALAMAN LIBURAN YANG MENGESANKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 POLOMBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Dewi Aulia. 2018. “Pembelajaran Berbicara Melalui Cerita Pengalaman Liburan yang Mengesankan dengan Menggunakan Model Talking Stick Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Rapi Tang dan Azis). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keberhasilan pembelajaran berbicara melalui cerita pengalaman liburan yang mengesankan dengan menggunakan model talking stick siswa kelas IX SMP Negeri 1 Polombangkeng Utara. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX yang berjumlah 288 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX yang diambil secara acak sehingga berjumlah 165 orang. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes berbicara berupa tes menceritakan pengalaman liburan yang mengesankan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbicara melalui cerita pengalaman liburan yang mengesankan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Polombangkeng Utara berdasarkan hasil tes, tidak ada siswa yang memperoleh nilai 85-100. Siswa yang memperoleh nilai 75-84 sebanyak 17 orang dengan persentase 10,3% dan tingkat keberhasilan yakni tinggi. Siswa yang memperoleh nilai 55-74 sebanyak 112 orang dengan persentase 68,0% dan tingkat keberhasilan yakni sedang. Siswa yang memperoleh nilai 25-54 sebanyak 36 orang dengan persentase 21,7% dan tingkat keberhasilan yakni rendah. Nilai rata-rata pembelajaran berbicara melalui cerita pengalaman liburan yang mengesankan siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar adalah 60,7420 atau jika dibulatkan menjadi 60,74. Berdasarkan hasil analisis data tingkat keberhasilan pembelajaran berbicara melalui cerita penglaman liburan yang mnegesankan siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar tergolong sedang karena dari total 165 jumlah sampel hanya 17 orang yang mencapai nilai yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar yaitu dengan nilai 75. Kata Kunci: Pembelajaran Berbicara Melalui Cerita Pengalaman Liburan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 May 2018 00:59
Last Modified: 15 May 2018 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8555

Actions (login required)

View Item View Item