Peran Guru Dalam Proses Belajar Siswa Jurusan IPS Di SMA Negeri I Burau Kabupaten Luwu Timur

LIMBONG, LIMBONG (2015) Peran Guru Dalam Proses Belajar Siswa Jurusan IPS Di SMA Negeri I Burau Kabupaten Luwu Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam proses belajar siswa jurusan IPS di SMA Negeri 1 Burau Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Upaya apa yang dilakukan guru dalam proses belajar siswa jurusan IPS di SMA Negeri I Burau Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian deskristif kualitatif di mana teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan adapun penentuan informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan secara sengaja penentuan informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang guru yang mengajar siswa di jurusan IPS di SMA Negeri 1 Burau. Hasil yang diperoleh dari penelitian di Lapangan bahwa : peran guru dalam proses belajar siswa jurusan IPS di SMA Negeri 1Burau Yaitu 1) Guru sebagai pengajar, guru senantisana mendorong siswa untuk belajar melalui berbagai kesempatan lewat media dan sumber,membantu siswa secara aktif untuk mempergunakan media dan sumber, mengembangkan cara belajar yang baik dan memberikan fasilitas yang memadai sehingga siswa dapat belajar secara efektif. 2) Guru sebagai pembimbing yakin, guru memberikan arahan dan motivasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 3) Guru sebagai pengelola kelas, yaitu guru mengembangkan kemampuan siswa dalam menggunakan alat-alat belajar, menciptakan situasi yang nyaman bagi siswa untuk belajar dam membantu siswa untuk memperoleh hasil sesuai yang diharapakan. 4) Guru sebagai penasehat , yaitu guru memberikan araha-arahan yang positif kepada siswa dalam bentuk religi dan memberikan arahan untuk mencapai kesuksesan. Sedangkan kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar siswa yaitu: faktor internal yang meliputi faktor psikologis yang di dalamnya termasuk, intelegensi, motivasi, sikap, minat, bakat, dan konsentrasi. Sedangkan faktor externalanya meliputi: Faktor keluarga, faktor sekolah, faktor sarana pendidikan yang tidak memadai dan faktor masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 May 2018 02:29
Last Modified: 14 May 2018 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item View Item