Profil Pemahaman Siswa Terhadap Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VIII Di SMP Negeri I Tonra

SYAM, ANDI SRI MARDIYANTI (2015) Profil Pemahaman Siswa Terhadap Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VIII Di SMP Negeri I Tonra. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4. CHAPTER I.docx

Download (26kB)
[img] Text
10. CHAPTER V.docx

Download (18kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan instrumen yang digunakan peneliti adalah tes diagnostik untuk menentukan subjek serta mendiagnosis jenis-jenis pemahaman siswa, serta pedoman wawancara. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman siswa. Subjek penelitian adalah tiga orang siswa kelas VIII SMP Negeri I Tonra tentang pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Deskripsi pemahaman tentang pengetahuan faktual pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel adalah dapat mengubah dari satu bentuk gambaran menjadi bentuk lain dapat dilihat dari ketiga subjek yang terpilih dapat menyebutkan koefisien, variabel dan konstanta yang diberikan, dapat menyatakan persamaan menjadi sebuah kalimat terbuka atau sebaliknya menyatakan kalimat dalam sebuah persamaan. (2) Deskripsi pemahaman tentang pengetahuan konseptual pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel adalah dapat mengubah dari satu bentuk gambaran menjadi bentuk lain dan menemukan contoh atau ilustrasi tentang konsep atau prinsip. Sedang pemahaman tentang pengetahuan konseptual yaitu menentukan sesuatu yang dimiliki suatu kategori hanya dapat dilakukan subjek tinggi dan sedang. (3) Deskripsi pemahaman tentang pengetahuan prosedural pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel adalah dapat mengubah dari satu bentuk gambaran menjadi bentuk lain dan menentukan sesuatu dalam suatu kategori hanya dapat dilakukan oleh subjek tinggi dan subjek sedang. Kata Kunci: Profil Pemahaman, Pengetahuan Konseptual, pengetahuan Faktual, Pengetahuan Prosedural, Persamaan dan Pertidaksamaan linear Satu Variabel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 May 2018 02:20
Last Modified: 14 May 2018 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8548

Actions (login required)

View Item View Item