Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Semu Pada SMPN di Kabupaten Luwu Timur)

Sain, Reski Andika (2015) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Semu Pada SMPN di Kabupaten Luwu Timur). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I FIX.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V fix.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yaitu perlakuan diberikan untuk menentukan pengaruhnya pada variable terikat, tetapi variable-variabel yang berpengaruh tidak dapat dikontrol dengan ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran hasil belajar siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Luwu Timur pada pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran scientific, (2) gambaran hasil belajar siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Luwu Timur pada pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran problem solving, (3) besar sumbangan/kontribusi pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Luwu Timur, (4) apakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Luwu Timur yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem solving lebih baik jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran scientific. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Luwu Timur pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Malili setelah diterapkan pendekatan pembelajaran scientific dengan pokok bahasan lingkaran dan garis singgung lingkaran mempunyai skor rata-rata 74,55 dari skor ideal 100 dan berada pada skor standar C yaitu kategori sedang, (2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Malili setelah diterapkan pendekatan pembelajaran problem solving dengan pokok bahasan lingkaran dan garis singgung lingkaran mempunyai skor rata-rata 86,19 dari skor ideal 100 dan berada pada skor standar B yaitu kategori tinggi, (3) persentase sumbangan pengaruh variable independent (pendekatan pembelajaran) terhadap variable dependent (hasil belajar) adalah sebesar 26,8%, sedangkan sisanya sebesar 73,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan atau dibahas dalam peelitian ini. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN Kabupaten Luwu Timur yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem solving lebih baik jika dibandingkan pendekatan pembelajaran scientific. Kata kunci: Pengaruh, Pendekatan Scientific, Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 May 2018 06:08
Last Modified: 11 May 2018 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item