Pengelolaan Kelas yang digunakan Guru Matematika pada Siswa di SMK Muhammadiyah Bontoala

Rahman, Kurniawan (2015) Pengelolaan Kelas yang digunakan Guru Matematika pada Siswa di SMK Muhammadiyah Bontoala. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
01 BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
05 BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran Matematika pada siswa di SMK Muhammadiyah Bontoala serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pengelolaan kelas tersebut. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa PBM kelas XI Elektronika SMK Muhammadiyah Bontoala. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode interview, metode dokumentasi, dan metode kuesioner. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwat: (1) Pengelolaan kelas dalam pembelajaran Matematika pada siswa di kelas XI Elektronika SMK Muhammadiyah Bontoala adalah baik; (2) Guru matematika kelas XI Elektronika SMK Muhammadiyah Bontoala menggunakan pendekatan pengelolaan kelas berupa pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, pendekatan kekuasaan, dan pendekatan proses kelompok. Dimana keseluruhan pendekatan diterapkan secara bergantian ataupun dipadukan antar beberapa pendekatan pengelolaan kelas; (3) Pengelolaan kelas dalam pembelajaran Matematika pada siswa di kelas XI Elektronika SMK Muhammadiyah Bontoala yang diterapkan oleh guru matematika terbukti dapat meningkatkan kualitas siswa; dan (5) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kelas pembelajaran matematika di SMK Muhammadiyah Bontoala adalah ketersediaan sarana dan prasarana, posisi duduk dan penataan bangku siswa, kondisi lingkungan sosial dalam kelas, penerapan kurikulum, tingkat intelegensi guru (penguasaan materi), intelegensi siswa, kedisiplinan guru, kebiasaan belajar siswa (siswa disiplin dalam belajar), kemauan dan keseriusan siswa, sikap siswa terhadap belajar, motivasi belajar yang dipengaruhi suasana belajar, serta rasa percaya diri (keberanian siswa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 May 2018 05:47
Last Modified: 11 May 2018 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item